Sabtu, 14 Januari 2012

GERAK DAN LAGU "BURUNG"


SINOPSIS

GERAK DAN LAGU

“ BURUNG “

 



BAB I
PENDAHULUAN

A.        LATAR BELAKANG
            Dalam mengembangkan kemampuan Anak Usia Dini diperlukan kreativitas para pendidik PAUD atau tutor dalam pembelajaran disegala bidang, diantaranya adalah pengembangan fisik motorik anak dan seni. Pendidik PAUD dituntut untuk selalu berkreasi menciptakan gerakan-gerakan yang membuat anak senang mengikuti dan menghibur, sehingga gerakan-gerakan kreasi para guru selalu dinanti dan diminati oleh anak usia dini. Gerakan kreasi itu dapat dikemas menjadi gerak dan lagu, yaitu bergerak sesuai dengan irama musik yang dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Menurut Mahmud  (dalam http://tokohindonesia.com yang diakses 28 Mei 2010), sebuah gerak dan lagu anak-anak yang baik adalah gerak dan lagu yang mampu mengembangkan imajinasi, daya berpikir anak, dapat menyalurkan emosinya serta kemampuan aspek sosial dan kebudayaan (bahasa yang baik dan benar). Dalam pembelajaran gerak dan lagu ini saya mengangkat Tema “Binatang” dengan Sub Tema   “Burung” karena banyak anak-anak yang suka dengan burung dan mereka senang menirukan gerakan-gerakan burung.
            Burung adalah jenis binatang yang senang melintasi alam. Burung suka bersiul dan bernyanyi. Suaranya merdu seolah-olah mempunyai irama lagu. Disamping itu, burung mempunyai ciri khas lain, misalnya dalam melakukan kegiatannya selalu berdua bahkan berkelompok sehingga kalau kita cermati dengan seksama bahwa mereka kemana saja selalu seiring, sejalan, bahkan seiya dan sekata. Membuat sangkarpun mereka selalu bersama-sama, apalagi mencari makanan. Merekapun suka berayun diatas pohon sambil mengangguk-anggukan kepalanya, meloncat, mengepak-ngepakkan sayapnya dan lain sebagainya. Itulah sebabnya banyak seniman dan seniwati mengidentifikasikannya kedalam gerak dan lagu.
      Pendidik PAUD pun mengangkatnya kedalam bidang pengembangan seni yaitu melalui kegiatan gerak dan lagu, mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai irama musik dengan lentur, bergerak bebas dengan irama musik serta gerak bervariasi.

B. TUJUAN
            Tujuan pengembangan gerak dan lagu adalah agar anak dapat dan mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya, mengembangkan kepekaan, mengembangkan gerakan kasar dan halus dalam mengontrol gerakan tubuh, koordinasi / keseimbangan tubuh serta anak dapat memiliki apresiasi seni yang tinggi yang dapat menunjang kedewasaannya dalam berpikir maupun berimajinasi secara kreatif, sehingga anak mampu mencintai, menyayangi mahluk Tuhan yang hidup di alam sekitar. 
            Tujuan pendidikan secara universal adalah agar anak menjadi mandiri, bukan hanya dapat mencari nafkahnya sendiri, tapi juga bisa mengarahkan dirinya pada keputusannya sendiri untuk mengembangkan semua kemampuan fisik, mental, sosial dan emosional yang dimilikinya, sehingga dapat mengembangkan suatu kehidupan yang sehat dan produktif. (dalam buku Ensiklopedi Bocah Muslim)

C.        FUNGSI GERAK DAN LAGU
            Untuk anak-anak PAUD yaitu membantu pertumbuhan dan perkembangan, baik pertubuhan fisik, mental, dan membina estetik serta membina kreatifitas.

D.        KEGIATAN , ALAT dan DURASI
Kegiatan                            :     Gerak dan Lagu
Tema                                 :     Binatang
Sub Tema                          :     Burung
Isi Materi                           :     Menggambarkan seorang anak yang mengenang   kembali burung peliharaannya, kemudian dia sedih burungnya terlepas.  
Kelompok Usia                 :     4 – 6 Tahun
Lokasi Pelaksanaan           :     Halaman Sekolah atau Ruang Kelas
Metode                              :     Ceramah
                                                Tanya Jawab
                                                Demonstrasi
Alat Bantu                        :     Kaset CD
                                                VCD
                                                Burung
Sumber                              :     Buku
                                                Artikel
                                                Internet
                                                Seorang Ahli Seni
Durasi Waktu                    :     20 – 30 Menit


BAB II
PROSES PEMBELAJARAN

Pembelajaran Gerak dan Lagu dimulai dari melaksanakan kegiatan  Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.

PERSIAPAN
A.          PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN
·               Tutor menyiapkan alat  yang akan digunakan yaitu : Kaset CD dan VCD.
·               Menyambut anak
·               Bernyanyi bersama di halaman sekolah dalam bentuk lingkaran
·               Transisi
·               Berbaris
·               Masuk kedalam kelas

B.           PIJAKAN SEBELUM MAIN
·               Mengucap Basmallah
·               Gerakan sholah dua rakaat
·               Tutor dan anak duduk membuat lingkaran, tutor memberi salam dan menanyakan kabar anak
·               Absensi
·               Berdo’a bersama (setiap hari anak bergilir untuk memimpin do’a)
·               Tanya jawab (hari, tanggal, bulan dan tahun)
·               Penyampaikan tema dan Sub Tema
·               Pengenalan suku kata
·               Bercerita (seorang anak yang senang memelihara burung namun ia sedih burungnya terlepas)
PELAKSANAAN
A.          PIJAKAN SELAMA MAIN
·      Tutor
·         Anak mengikuti gerakan Senam Ceria yang dipandu oleh tutor
·         Tutor berkeliling memperhatikan seluruh anak, melihat gerakan anak, membetulkan gerakan anak.

EVALUASI
A.    PIJAKAN SETELAH MAIN
·         Setelah selesai bermain peran anak tutor duduk melingkar, tutor menanyakan kepada anak tentang kegiatan yang dilakukan,
·         Menanyakan kesulitan yang dihadapi oleh anak tentang gerakan tadi,
·         Apabila anak dapat mengikuti seluruh gerakan dengan riang, tutor menanyakan untuk senam selanjutnya begaimana jika gerakan ditambah atau dirubah,
·         Tutor menyakan kepada anak tentang pengalaman selama melakukan kegiatan Senam Ceria.
·         Anak diajak membereskan alat-alat yang telah digunakan.
·         Anak diseluruh minum secara bergiliran.



BAB III
PELAKSANAAN GERAK DAN LAGU

 KOREOGRAFI
            Gerak dan Lagu Burungku menggambarkan seorang anak yang mengenang   kembali burung peliharaannya, kemudian dia sedih burungnya terlepas.
      Gerak dan Lagu ini terdiri dari 10 gerakan, dengan penjabaran gerakan sebagai berikut :

*    Gerakan 1
      Mengangkat kedua tangan sambil bergantian kesamping telinga (kanan dan kiri) hitungan 1 x 8 dengan lagu Dengar-dengar, dengarkanlah burungku bernyanyi.


*    Gerakan 2
Jari telunjuk menunjuk keatas dengan kedua tangan secara bergantian (kanan dan kiri) diselingi dengan mengayunkan tangan kedepan hitungan 1 x 8  dengan lagu lihat-lihat, lihatlah ia sedang menari.
*    Gerakan 3
      Mengayunkan tangan kekiri dan kekanan lalu berputar-putar,  menggeleng-gelengkan kepala. Hitungan 1 x 8 dengan lagu berayun-ayun, berputar-putar, digeleng-gelengkan kepalanya.                       
*    Gerakan 4
      Gerakannya masih berayun-ayun, berputar-putar lalu mengepak-ngepakan sayapnya, hitungan 1 x 8. Lagu berayun-ayun, berputar-putar dikepakkan sayapnya.
*    Gerakan ke-lima dengan lagu “sambil bersiul sangatlah merdu.  Melompat-lompat sambil berhadapan dengan lagu menari-nari ikut irama. Gerakannya menari (mengayunkan tangan ke kanan dan ke kiri). Hitungan 1 x 8.
*    Gerakan ke-Enam mengayunkan tangan (menari) sambil berhadapan dengan lagu ”Ayo kawan mari kita bergembira ria”. Hitungan 1 x 8.
*    Gerakan ke-Tujuh gerakannya bertepuk tangan kemudian melompat membentuk lingkaran dengan lagu-lagu yang merdu serta ceria hitungan 1 x 8.
*    Gerakan ke-Delapan dengan Lagu ”Marilah kita bersama-sama membuat sangkar dengan teratur” 2x. Hitungan 2 x 8, gerakan ini maju, mundur secara bergantian dengan mengayunkan tangan ke atas dan ke bawah sehingga membentuk lingkaran.                          
*    Gerakan ke-Sembilan gerakannya dengan tangan menyiku ke kanan, ke kiri dan bertopang dagu dengan lagu ”Burungku kini terlepas lagi”. Hatiku pilu sangatlah sedih.
*    Gerakan ke-sepuluh  kembali ke gerakan lompat sambil tepuk tangan dengan lagu    
            Tri li.........li.........li – tri...........li.........li..                                         
            Tri li.........li.........li.........
Sambil membentuk posisi bersaf dan bertopang dagu karena sedih. lalu terakhir instrumen dengan berjalan biasa sambil mengayunkan tangan kekanan dan kekiri.





             
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar