Sabtu, 14 Januari 2012

SILABUS KURIKULUM PAKET B


SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


SATUAN PENDIDIKAN         : PKBM “Melati” Kec. Botumoito                                                                                                                                                                                                                        SETARA KELAS                   : VII SMP/MTS
MATA PELAJARAN                : Ilmu Pengetahuan Sosial                                                                                                                                                                                                                                     SEMESTER                           : 1 (Satu)
TINGKATAN/DERAJAT         : III/TRAMPIL 1                                                                                                                                                                                                                                                            TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011


Standar Kompetensi            : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1    Mendeskripsikan  bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan

-    Mengidentifikasi keragaman bentuk muka bumi
-    Menjelaskan proses pembentukan muka bumi
-    Mengidentifikasi jenis batuan pembentukan permukaan bumi
-    Menjelaskan dampak keragaman muka bumi terhadap kehidupan
-   Keragaman bentuk muka bumi
-   Proses pembentukan muka bumi


·    Mengamati tentang keragaman bentuk muka bumi
·    Mengkaji proses pembentukan muka bumi
·    Mengamati contoh jenis batuan melalui gambar dan batuan yang ada lingkungan disekitar
·    Membaca buku modul tentang dampak keragaman muka bumi terhadap kehidupan
2 jam
-
V
-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-   Portofolio
-    Uraikan dengan singkat bentuk muka bumi
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
-    Peta/Atlas dan batuan
1.2    Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia
-    Mengidentifikasi zaman, hasil budaya, cara hidup dan jenis manusia pada masa pra aksara
-    Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pra aksara
-   Masyarakat pra aksara dan kehidupan pada masa pra aksara


·    Mengamati tentang zaman, hasi budaya, cara hidup dan jenis manusia pada masa pra aksara

·    Mengamati masyarakat dan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara
2 jam
2 jam
-
-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-   Portofolio
-    Manusia pra aksara mulai bertempat tinggal tetap sejak zaman ……


Standar Kompetensi            : 2. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1    Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

-    Menjelaskan pengertian, proses interaksi sosial
-    Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong berlangsungnya interaksi sosial
Interaksi Sosial

·    Mengkaji tentang pengertian, proses interaksi sosial dan  faktor-faktor pendorong berlangsungnya interaksi sosial
2 jam
-
-
-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-   Portofolio
-    Sebutkan faktor-faktor pendorong berlangsungnya suatu porses interaksi sosial
-  Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-  Buku IPS yang relevan
2.2    Mendeskripsikan  sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
-    Menjelaskan pengertian, tujuan sosialisasi

-    Mengidentifikasi status sosial, peran sosial dan proses sosialisasi sebagai pembentukan kepribadian
Pengertian, tujuan, status, peran sosial dan proses sosialisasi sebagai pembentuk kepribadian
·    Mengkaji tentang pengertian, tujuan sosialisasi
·    Mengkaji status sosial, peran sosial dan proses sosialisasi sebagai pembentuk kepribadian
2 jam
-
-
-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-   Portofolio
-    Proses mempelajari dan menghayati norma serta perilaku yang selaras dengan peran-peran sosial dan kehidupan sehari-hari di namakan …..
2.3    Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
-    Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
Bentuk-bentuk interaksi sosial
·    Mengkaji tentang bentuk-bentuk interkasi sosial
2 jam
-
-
-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-   Portofolio
-    Sebutkan tiga bentuk interaksi sosial
2.4    Menguraikan proses interaksi sosial
-    Menguraikan proses interaksi sosial

·    Mengkaji tentang proses interaksi sosial




-    
-    


Standar Kompetensi            : 3. Memahami Usaha Manusia Memenuhi Kebutuhan
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1    Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial yang dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan

-    Menjelaskan pengertian makhluk ekonomi dan makhluk sosial
-    Mengidentifikasi cirri manusia sebagai makhluk ekonomi
-    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan seseorang
-    Mengidentifikasi sumber daya dalam memenuhi kebutuhan
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan

·    Mengkaji tentang pengertian manusia makhluk ekonomi dan sosial, cirri manusia sebagai makhluk ekonomi dan faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan seseorang
·    Mengkaji tentang sumber daya dalam memenuhi kebutuhan
2 jam





2 jam
-
-
-   Tes tulis

-   Tugas

-   Tes tulis

-    Tugas

-   PG
-   Isian
-   Uraian
-   Portofolio


-   PG
-   Isian
-   Uraian
-   Portofolio
-    Jelaskan pengertian manusia sebagai makhluk sosial
-    Air bagi yang haus, obat bagi yang sakit merupakan kebutuhan ….
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
3.2    Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan ekonomi
-    Menjelaskan pengertian tindakan ekonomi yang dilakukan manusia.
-    Mengidentifikasi macam-macam motif ekonomi beserta contohnya
-    Menjelaskan prinsip ekonomi
-    Mengidentifikasi cirri-ciri prinsip ekonomi
-    Mengidentifikasi jenis penerapan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan ekonomi
-    Tindakan, motif dan prinsip ekonomi


-    Cirri-ciri dan jenis penerapan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan ekonomi


·    Mengkaji tentang pengertian tindakan ekonomi yang dilakukan manusia, macam-macam motif ekonomi dan prinsip ekonomi

·    Mengkaji cirri-ciri jenis penerapan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan ekonomi
2 jam
-
-
-   Tes tulis

-   Tugas

-   Tes tulis


-   PG
-   Isian
-   Uraian
-   Portofolio


-   PG
-   Isian
-   Uraian

-    Sebutkan tiga contoh tindakan yang dilandasi motif ekonomi
-    Jelaskan apakah menabung termasuk yang sesuai dengan prinsip ekonomi?

Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                       Botumoito, …………………………………..
Ketua PKBM “Melati”                                                                                                                                                                                                                     Tutor Mata Pelajaran

_______________________                                                                                                                                                                                                   _______________________
SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


SATUAN PENDIDIKAN         : PKBM “Melati” Kec. Botumoito                                                                                                                                                                                                                        SETARA KELAS                   : VII SMP/MTS
MATA PELAJARAN                : Ilmu Pengetahuan Sosial                                                                                                                                                                                                                                     SEMESTER                           : 2 (Dua)
TINGKATAN/DERAJAT         : III/TRAMPIL 1                                                                                                                                                                                                                                                            TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011


Standar Kompetensi            : 4. Memahami Usaha Manusia Untuk Mengenali Perkembangan Lingkungannya
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1    Menggunakan peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan

-    Mengidentifikasi jenis, bentuk dan pemanfaatan peta dan globe
-    Menjelaskan atlas dan globe
-    Mengidentifikasi informasi geografis dari peta,atlas dan globe
Peta, Atlas dan Globe

·    Mengkaji tentang peta, atlas dan globe
2 jam
-

-   Tes tulis

-   PG
-   Isian
-   Uraian

-    Sebutkan tiga bentuk peta di lihat dari bentuknya
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
-    Peta/Atlas dan Globe
4.2    Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
-    Mendeskripsikan peta sketsa, prosedur/tahapan membuat peta.
-    Mengidentifikasi syarat-syarat pembuatan peta
-    Menjelaskan cara memperbesar dan memperkecil peta
Sketsa dan Peta Wilayah
·    Mengkaji tentang peta sketsa, prosedur/tahapan syarat-syarat, cara memperbesar dan memperkecil
2 jam
-
-
Tes tulis
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-    Pembuatan peta sketsa memerlukan data yang diambil secara langsung dari lapangan, data tesebut disebut data ….
4.3    Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
-    Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah Indonesia ditinjau dari letak geografis dan letak astronomis
-    Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah Indonesia ditinjau dari kondisi sosial budaya Indonesia
Kondisi Fisik dan Wilayah Indonesia
·    Mengkaji tentang kondisi fisik wilayah Indonesia
2 jam
-
-
Tes tulis
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-    Sebutkan faktor-faktor geografis dan nongeografis yang mempengaruhi perbedaan tata kehidupan sosial dan budaya Indonesia

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.4    Mendeskripsikan gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampak terhadap kehidupan
-    Menjelaskan pengertian lapisan atmosfer
-    Menjelaskan struktur atmosfer
-    Menjelaskan pengaruh gejala atmosfer terhadap kehidupan
-    Menjelaskan bagian-bagian dan manfaatnya siklus air yang menjadi akibat terjadinya gejala hidrosfer
-    Mengklasifikasi siklus air di bumi berdasarkan wilayah laut
-    Menjelaskan masing-masing klasifikasi siklus air di bumi berdasarkan wilayah laut.
Gejala Atmosfer dan Hidrosfer
·   Mengkaji tentang gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer
-
2 jam
-
Tes tulis



-    PG
-    Isian
-    Uraian
Mengapa gas-gas yang terdapat pada lapisan atmosfer sangat penting bagi kelangsungan hidup organism? Jelaskan!
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan

Standar Kompetensi            : 5. Memahami Perkembangan Masyarakat Sejak Masa Hindu Budha sampai Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1    Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha serta peninggalan-peninggalannya
-    Mendeskripsikan masuk dan berkembangnya agama Hindu-Budha di Indonesia
-    Menunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu-Budha di Indonesia
-    Menyusun kronologis perkembangan kerajaan Hindu-Budha ke berbagai wilayah di Indonesia
-    Mengidentifikasi dan memberikan contoh-contoh peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu-Budha di berbagai daerah
Perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha di As-Sel, As-Tim dan As-Tengg serta persebarannya diberbagai daerah
·   Mengkaji referensi tentang agama Hindu-Budha
·   Mengamati peta jalur perdagangan dan penyebaran pengaruh agama Hindu-Budha
2 jam
-
-
-    Tes tulis
-    Tugas



-    PG
-    Uraian
Asal-usul agama Hindu-Budha bersumber dari …
a. Tradisi dan ajaran kitab weda
b. Pengalaman spiritual bangsa Dravida
c.  Perpaduan kebudayaan Arya dan Dravida
d. Alam pikuran dan tradisi Tripika
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
-    Atlas sejarah
-    Gambar peninggalan Hindu-Budha

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.2    Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Islam  di Indonesia serta peninggalan-peninggalannya
-    Melacak proses masuk dan berkembangnya agama Islam ke Indonesia
-    Mendeskripsikan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia
-    Menjelaskan cara yang digunakan oleh wali Songo/Ulama lain menyebarkan Islam.
-    Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia
-    Menyusun kronologi perkembangan Kerajaan Islam diberbagai wilayah Indonesia
-    Mengidentifikasi dan memberikan contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam diberbagai daerah
Perkembangan pengaruh Islam di Indonesia
·   Mengkaji buku referensi perkembangan Islam di Indonesia
2 jam
-
-
-    Tes tulis
-    Tugas



-    PG
-    Uraian
Kerajaan Islam pertama kali berdiri Indonesia yaitu …
a. Kesultanan Perlak
b. Kesultanan Deli
c.  Kesultanan Samudra Pasai
d. Kesultanan Deli
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
-    Gambar Islam
-    Atlas sejarah


5.3    Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa colonial Eropa
-    Menjelaskan posisi Indonesia dalam jalur perdagangan dan pelayaran Asia-Eropa
-    Mendeskripsikan kedatangan bangsa barat dan perubahan jalur perdagangan
-    Mendeskripsikan perkembangan kolonialisme barat dan beberapa perubahan di Indonesia
Perkembangan masyarakat kebudayaan dan pemerintahan pada masa colonial Eropa
·   Membaca buku modul tentang posisi Indonesia dalam jalur perdagangan dan pelayaran Asia-Eropa
·   Membaca modul tentang kedatangan bangsa Barat dan perubahan jalur perdagangan
2 jam
-
-
-    Tes tulis
-    Tugas
-    PG
-    Uraian
Jalur perdagangan yang melalui selat Malaka dan pantai barat Sumatra akan bertemu di …..
a. Pelabuhan Sunda Kelapa
b. Ujung Kulon
c.  Selat Sunda
d. Laut Indonesia




Standar Kompetensi                       : 6. Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1    Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk penggunaan lahan dan pemukiman berdasar kondisi fisik permukaan bumi
-    Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk (pertanian dan non pertanian)
-    Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan
-    Mendesripsikan pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai)
-    Mendeskripsikan persebaran permukiman penduduk diberbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk bermukim di lokasi tersebut
-    Mendeskripsikan bentang lahan dengan persebaran pemukiman penduduk
Penggunaan lahan dan permukiman penduduk
·   Mengkaji tentang penggunaan dan permukiman penduduk
2 jam
-
-
-    Tes tulis
-    Tugas



-    PG
-    Uraian
Sawah yang pengairannya bergantung pada hujan disebut ….
a. Sawah lebak
b. Sawah pasang surut
c.  Sawah tadah hujan
d. Sawah  irigasi
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
6.2    Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi barang dan jasa
-    Mendefinisikan pengertian macam-macam kegiatan ekonomi
-    Mengidentifikasi hubungan antara konsumen, produksi dan distribusi
-    Mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa
-    Mendeskripsikan konsumsi barang dan jasa
-    Mendeskripsikan konsumsi barang dan jasa
-    Mendeskripsikan kegiatan distribusi barang dan jasa
Proses ekonomi, proses kegiatan ekonomi hubungan antara konsumen, produksi dan distribusi
·   Mengkaji modul tentang proses pokok ekonomi
2 jam
-
-
-    Tes tulis
-    Tugas
-    PG
-    Uraian
Mengapa manusia harus melakukan produksi? Jelaskan!


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.3    Mendeskripsikan usaha termasuk koperasi sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
-    Mendeskripsikan macam-macam badan usaha
-    Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam bisnis
-    Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara professional dan manusiawi
-    Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur ekonomi
Peranan Badan Usaha termasuk koperasi sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi

·   Mengkaji buku modul tentang peran Badan Usaha
2 jam
-
-
-    Tes tulis
-    Tugas



-    PG
-    Uraian
Sebutkan macam-macam badan usaha
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
6.4    Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
-    Mendefinisikan pengertian kreatif dan proses kreatif dalam tindakan ekonomi
-    Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan
Kreativias dalam kehidupan manusia
·   Mengkaji tentang kreatiftas dalam kehidupan manusia
2 jam
-
-
-    Tes tulis
-    Tugas
-    PG’
-    Uraian
Apa yang dimaksud dengan kreatifitas? Jelaskan!




Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                       Botumoito, …………………………………..
Ketua PKBM “Melati”                                                                                                                                                                                                                     Tutor Mata Pelajaran

_______________________                                                                                                                                                                                                   _______________________


Tidak ada komentar:

Posting Komentar