Sabtu, 14 Januari 2012

SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

SATUAN PENDIDIKAN         : PKBM “Melati” Kec. Botumoito                                                                                                                                                                                                                        SETARA KELAS                   : IX SMP/MTS
MATA PELAJARAN                : MATEMATIKA                                                                                                                                                                                                                                                           SEMESTER                           : 5 (Lima)
TINGKATAN/DERAJAT         : III/TRAMPIL 2                                                                                                                                                                                                                                                            TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011

GEOMETRI
Standar Kompetensi            : 1. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta menggunaanya dalam pemecahan masalah sederhana
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
1.1    Mengindetifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar

·   Menjelaskan pengertian bilangan bulat positif, negarit dan nol
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
·    Mendiskusikan pengertian bilangan berpangkat bulat positif, negatif dan nol
1 x 40’


Tes tulis
Isian
1.       8-2  = …..
2.       250 = …..
3.       (-3)4 = ….
4.       (-6)-2 = …..
5.       (   2  )2  = ….
     3
Modul matematika Paket B Kelas IX


·   Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif

·    Mendiskusikan untuk menentukan bilangan berpangkat positif dari bilangan berpangkat negatif
1 x 40’


Tes tulis
Isian
Ubahlah menjadi bilangan berpangkat positif :
1.       5-4    = ……
2.       (-3)  = ……
3.       (  3   )-2  = …..
    4



·   Mengenal arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar

·    Mendiskusian arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar
1 x 40’


Tes tulis
Isian
1.       Ubahlah dalam bentuk akar 61/2  =  ……
2.       Ubahlah menjadi pangkat            
  3Ö 27    pecahan = …..

2.
1.2    Melakukan operasi aljabar yangmelibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
·   Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
·    Menentukan hasil operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

2 x 40’

Tes tulis
Uraian
Hitunglah  !
a.        35  x  32
b.         54
  52
c.        3Ö5   +   6Ö5
d.       4Ö3   x   8Ö5

3.
1.3    Memecahkan masalah sedrhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
·   Menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk memecahkan masalah
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
·    Memecahkan masalah dengan menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar

2 x 40’

Tes tulis
Uraian
Missal sejenis amuba membelah diri setiap 2 menit sekali. Berapa banyak amuba dalam waktu 30 menit ?


ULANGAN HARIAN 1
1 JP






4.
2.2    Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geombetir
·   Mengenal pengertian baraisan aritmatika dan barisan geometri
Barisan dan Deret Aritmatika Barisan dan Deret Geometri
·    Mendiskusikan pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri
1 x 40’


Tes tulis
Pilihan Ganda
Manakah yang merupakan barisan aritmatika ?
a.        1,3,5,7,9, ….
b.       1,2,4,5,7, ….
c.        1,4,6,8, ….
Modul Matematika Paket B Kelas IX


·   Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri

·    Menemukan rumus suku ke- barisan aritmatika dan barisan geometri dengan menggunakan alat peraga atau lingkungan, misal nomor urut rumah di salah satu sisi jalan
1 x 40’


Tes tulis
Isian
Suku ke-10 dari deret 2,5,8,11,14,…. 
adalah …..

5.
2.3    Menentukan jumlah pertama deret aritmatika dan deret geometri
·   Mengenal pengertian deret aritmatika dan deret geometri naik atau turun
Barisan dan Deret Aritmatika Barisan dan Deret Geometri
·    Mencermati deret aritmatika dan deret geometri naik atau turun
1 x 40’


Tes tulis
Isian
Manakah yang merupakan deret aritmatika ?
a.        3 + 6 + 9 + ….
b.       3 + 2 + 4 + 2 + …
c.        1 + 5 + 9 + 13 + …



·   Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri

·    Menemukan rumus jumlah ke n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri

2 x 40’

Tes tulis
Uraian
Hitunglah jumlah 10 suku pertama dari deret : 2 + 6 + 9 + 12

6.
2.4    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
·   Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmatika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret
Barisan dan Deret Aritmatika Barisan dan Deret Geometri
·    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret dengan menggunukan rumus pada deret aritmatika dan deret geometri
1 x 40’


Tes tulis
Uraian
Di sebuah ruangan disusun kursi-kursi seperti berikut. Pada barisan pertama terdapat 5 kursi, barisan kedua 8 kursi, dan seterusnya. Berapa banyak kursi yang dibutuhkan supaya bias


ULANGAN HARIAN 2
1 X 40’






7.
3.1    Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
·   Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
Kesebangunan
·    Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Bangun-bangun manakah yang sebangun ? Mengapa ?


























 









·   Mengidentifikasi dua bangun datar sebangun atau kongruen
Kesebangunan
·    Mengidentifikasi dua bangun datar sebangun atau kongruen
2 x 40’


Tes lisan
Daftar pertanyaan
Apakah kedua bangun berikut ini kongruen? Mengapa ?








 





8.
3.2    Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
·   Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
Kesebangunan
·    Mencermati perbecaan dua segitiga sebangun atau kongruen
2 x 40’


tes lisan
Daftar Pertanyaan
Kalau  DABC sebangun dengan DPQR, apakah
a.        Sisi-sisi yang bersesuaian sama
b.       Sudut-sudut yang bersesuaian sama kalau dua segitiga



·   Menyebutkan sigat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

·    Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
2 x 40’


Tes tulis
Isian
Diketahui DABC dan DPQR sebangun


 




Panjang AB  =    Panjang …..
Panjang PQ  =   Panjang …..

 =     Panjang …..
        Panjang …..
sudut  A = sudut …..

9.
3.3    Menggunakan konsep kesebangunan segitia dalam pemecahan masalah
·   Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
Kesebangunan
·    Mengamati perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
1 x 40’


Tes tulis
Uraian
DABC sebangun dengan DPQR.
Panjang AB = 4 cm. sisi yang bersesuaian dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm. jika



·   Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan

·    Menggunakan kesebangunan untuk memecahkan masalah
1 x 40’


Tes tulis
Uraian
Sebuah foto ukuran 3 x 4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut menjadi 60 cm. kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto yang diperbersar


ULANGAN HARIAN 3
2 JP






10.
4.1    Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola
·   Menyebutkan unsur-unsur; jari-jari/diamameter, tinggi sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola
Tabung, Kerucut Dan Bola
·    Mendiskusikan unsur-unsur tabung, kerucut dan bola dengan menggunakan model bangun ruang sisi lengkung (model kerangka dan padat)
2 x 40’


Tes tulis
Uraian




a.        Arsirlah alas kerucut
b.       Gambarlah tinggi kerucut

11.
4.2    Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
·   Menghitung luas selimut tabung, kerucut dan bola
Tabung, Kerucut dan Bola
·    Menentukan luas selimut tabung, kerucut dan bola

2 x 40’

Tes tulis
Uraian
Sebuah bola berjari-jari alasnya 10 cm dan tinggi tabung 30 cm. berapakah volum tabung tersebut?



·   Menghitung volume tabung, kerucut dan bola

·    Mencari volume tabung, kerucut, dan bola

2 x 40’

Tes tulis
Uraian
Sebuah tabung jari-jari 10 cm dan tinggi tabung 30 cm. berapakah volume tabung tersebut?



·   Menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui

·    Menggunakan rumus volume untuk menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volume diketahui
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Sebuah tabung volumenya 1540 cm3 . Berapakah jari-jari tabung tersebut?

12.
4.3    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
·   Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
Tabung, Kurucut dan Bola
·    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola dengan menggunakan rumus luas dan volume

2 x 40’

Tes tulis
Isian
Pak Candra akan membuat tabung dari kaleng, yang jari-jari alasnya sama dengan 30 cm dan tingginya 1 m. kaleng yang diperlukan untuk membuat tabung tersebut sebanyak …. cm2


ULANGAN HARIAN 4
2 JP






13.
5.1    menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
·   mengumpulkan data denan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus.tally
Statistika
·    melakukan pengumpulan data dengan mengukur dan mencatat data (menurus/tally) dengan objek lingkungan
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Perolehan 12 siswa adalah sebagai berikut:
54, 66, 72, 76, 80, 72,  76, 72, 76, 72, 76, 64, 76
Buatlah tabel skor dengan turus!
MODUL MATEMATIKA PAKET B KELAS IX


·   Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data

·    Mengidentifikasi data berdasar urutan
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Umur 10 sisiwa SD adalah sebagai berikut :
6, 6, 10, 9, 7, 8, 10, 6, 8, 9
a.        Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar
b.       Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda?



·   Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya

·    Melakukan perhitungan rata-rata, median, modus data tunggal serta menafsirkan maknanya
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Hasil ulangan 8 siswa adalah sebagai berikut :
7, 6, 6, 5, 7, 8, 8, 7
a.        Hitunglah rata-rata, median dan modus
b.       Apakah makna nilai rata-rata, median dan modus tersebut?

14.
5.2    Menyajikan data dalam bentuk table dan diagram batang, garis, dan lingkaran
·   Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran
Statistika
·    Membuat tabel, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran dari data tunggal

2 x 40’

Tes tulis
Uraian
Berikut ini data umur 20 siswa SMP Bina Taruna (dalam tahun):
13, 14, 13, 16, 13, 14, 15, 16, 14, 13, 13, 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14.
Gambarlah diagram batang dari data tersebut.







































·   Membaca diagram suatu data

·    Menafsirkan diagram suatu data
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________­­__________________________

1.       Sepak bola
2.       Renang
3.       Senam
4.       Voli
5.       Basket

Berapa persen siswa yang hobinya main sepakbola?


ULANGAN HARIAN 5
2 JP






15.
6.1    Menentukan ruang sampel suatu percobaan

·   Menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel suatu percobaan
Peluang
·    Mendiskusikan pengertian ruang sampel, dan titik sampel suatu percobaan
2 x 40’


Tes tulis
Daftar pertanyaan
Kalau satu mata uang dilambungkan satu kali, maka:

a.        Apa sajakah titik sampelnya?

b.       Apakah ruang sampelnya?



MODUL MATEMATIKA PAKET B KELAS IX


·   Menentukan ruang sampel suatu percobaan  dengan mendata titik sampelnya

·    Mendiskusikan untuk menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya

2 x 40’

Tes tulis
Isian
Dua dadu dilambungkan

a.        Titik sampelnya adalah …..

b.        Ruang sampelnya adalah …



16.
6.2    Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
·   Menghitung peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan

·    Menentukan peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan missal melambungkan uang logam dadu
2 x 40’


Tes tulis
uraian
Sebuah dadu dilambungkan satu kali. Peluang muncul mata 4 adalah …..



·   Menghitung nilai peluang suatu kejadian

·    Mencari nilai peluang suatu kejadian
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Dua buah dadu dilambungkan satu kali. A adalah kejadian muncul jumlah mata dadu sama dengan 9. Berapakah peluang terjadinya peristiwa A?


ULANGAN  HARIAN 6
2 JP





















Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                       Botumoito, …………………………………..
Ketua PKBM “Melati”                                                                                                                                                                                                                     Tutor Mata Pelajaran



_______________________                                                                                                                                                                                                   _______________________







Tidak ada komentar:

Posting Komentar