Sabtu, 14 Januari 2012

SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

SATUAN PENDIDIKAN         : PKBM “Melati” Kec. Botumoito                                                                                                                                                                                                                        SETARA KELAS                   : VII SMP
MATA PELAJARAN                : MATEMATIKA                                                                                                                                                                                                                                                           SEMESTER                           : I (SATU)
TINGKATAN/DERAJAT         : III/TRAMPIL I                                                                                                                                                                                                                                                             TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011

BILANGAN
Standar Kompetensi            : 1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
1.1    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
Memberikan con toh bilangan bulan
Bilangan Bulat Dan Bilangan Pecahan
·    Mendiskusikan tentang jenis-jenis bilangan bulat
·    Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Tuliskan 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 5
Modul matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I


Menentukan bilangan bulan pada garis bilangan

·    Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
·    Membandingkan dengan menggunakan tanda < , >



Tes tulis
Uraian




Letakkanlah bilangan -2, o, dan 2 pada garis bilangan tersebut !



Melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagii bilangan bulan termasuk operasi campuran

·    Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulan termasuk operasi campuran
·    Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian, pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif

4 x 40’

Tes tulis
Uraian
Hitunglah :
a.      -2 + 3 – 4 + 5 – 6
b.      -1 + 2 x 3
c.      2 + 8 : (-2)
d.      -3 x 4 x (-5)




·   Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
·   Menghitung akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat

·    Mendiskusikan untuk menentukan dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga



Tes tulis
Uraian
Hitunglah  nilai dari :
a.      122
b.      ( 12 )2
c.      43
d.       3343



·   Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis pecahan: biasa, campuran decimal, persen dan permil.
·   Menentukan letak pecahan pada garis bilangan
·    Bilangan pecahan
·    Mendiskusikan jenis-jenis pecahan
·    Menyebutkan pecahan
·    Membuat garis bilangan dan menentukan letak pecahan pada garis bilangan
2 x 40’


Tes tulis
Isian
1.      Tiga buah apel dibagikan kepada 6 anak secara merata. Masing-masing anak memperoleh ….. bagian
2.      Dua per lima bagian hasil panen diberikan kepada Adi. Bagian Adi kalau dinyatakan dalam persen adalah ….. %



·   Menentukan pecahan yang senilai
·   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

·    Mendiskusikan pecahan senilai

·    Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain



Tes tulis
Uraian
1.       Ubahlah dalam bentujk decimal
  2 ¾ = ….
2.       Ubahlah dalam bentuk persen
0,125 = …. ?



·   Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali dan bagi pada pecahan.
·   Membulatkan pecahan
·   Mengubah bilangan ke dalam bentuk baku

·    Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali dan bagi pada pecahan
·    Mendiskusikan cara membulatkan pecahan sampai satu atau dua desimal
·    Menuliskan bentuk baku (missal Amuba yang panjangnya 0,000001 mikron)



Tes tulis
Uraian
1.       Hitunglah :
  1. 2 ½ x 1 ¼
  2. ½ : ¾
  3. 2,6 + 3,12
  4. 2,12 + 5,98
2.       Tuislah bentuk baku dari 0,00125 !

2
1.2    menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
·   Menjelaskan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan pecahan
bilangan bulat dan bilangan positif
·    mendiskusikan tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan pecahan

4 x 40’

Tes tulis
Uraian
Isilah tabel berikut ini :
A
b
a+b
b+a
2
3
…..
…..
4
7
…..
…..
2
-5
…..
…..
8
-6
…..
…..
-8
3
…..
…..

Apa yang dapat kamu simpulah dari tabel di atas



·   Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan pecahan






·   Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali dan bagi dengan melibatkan pecahan serta mengkaitkannya dengan dalam kejadian sehari-hari

·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.






·    Melakukan diskusi cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang, kali dan bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan.



Tes tulis









Tes tulis


Uraian










Uraian
·   Dari 30 soal pilihan ganda dengan 4 option, Budi mengejrkan 20 butir soal dengan benar, 6 butir soal salah dan sisanya tidak dijawab. Jika jawaban benar diberi skor 4, salah diberi skor -1 dan tidak dijawab diberi skor 0, berapakah skor yang diperoleh Budi ?
·   Seorang dermawan membagikan sebagian hartanya kepada 50  KK. Jika yang dibagikan tadi berupa gula seberat 1 ton. Berapa kg-kah gula yang diperoleh setiap KK?


ALJABAR
Standar Kompetensi      : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
2.1    Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
·   Menyebutkan konstanta dan variabel pada suatu bentuk aljabar.
·   Menjelaskan pengertian suku dan faktor pada suatu bentuk aljabar
·   Menjelaskan pengertian suku-suku sejenis
Bentuk Aljabar
·    Mendiskusikan pengertian bentuk aljabar


·    Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien, faktor, faktor dan suku sejenis
2 x 40’


Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis
Uraian



Uraian




Uraian
1. Tentukan konstanta dan variabel dari bentuk aljabar 3x + 6

2. Dari bentuk-bentuk berikut sebutkan suku dan faktornya:
a.        3x
b.       4 ( x – 5 )
3. Kelompokkan suku-suku yang sejenis dari kumpulan suku-suku berikut :
2x, 3x2,-2xy,x2,x2y
Modul Matematika Paket B Tingkatan 3 Derajat Trampil I
2.
2.2    Melakukan operasi pada bentuk a;jabar
·   Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
Bentuk Aljabar
·    Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar



Tes tulis
Uraian
Hitunglah nilai dari :
a.      2x + 3 + 5x + 6
b.      3 ( 5x – 4 )
c.      2 ( 2x – 5 ) – 3 (x – 2 )
d.      ( 2x + 3 ) ( x – 5 )
e.      (x – 6 )2



·   Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal-soal.

·   Menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku

·    Menggunakan sifat operasi hitung untuk menyelesaikan soal yang dinyatakan dalam bentuk aljabar



·    Melakukan operasi hitung pada pecahan biasa untuk menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku




Tes tulis
Uraian
1.      Sebuah persegi panjang mempunyai ukuran panjang ( 2x +5 ) cm dan lebar 3x cm. hitunglah luas persegi panjang itu dinyatakan dengan X !
2.      Hitunglah :
        3          6
a.     ___    +   ___
 X            x
        4         5          2a
b.     ___    +   ___   _   ____
A2           a         a2
        8          7
c.     ___    :   ___
m3        m2

3.
2.3    Menyelesaikan persamaan linear satu variabel

·   Mengenali PLSV dalam berbagai bentukj dan variabel

·    Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
2 x 40’


Tes lisan
Isian
Perhatikan bentuk-bentuk berikut ini :
ü  2x = 5
ü  5y
ü  9g – 4 = 10
ü  6 – 5m = 2
Manakah yang merupakan PLSV



·   Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama

·    Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama



Tes  tulis
 Pilihan ganda
Bentuk-bentuk berikut ini yang setara dengan -5x + 2 = 4 adalah ….
a.      5x – 2 = 4
b.     10x + 4 = 8
c.      -10x – 4 = 8
d.     10x – 4 = 8



·   Menentukan penyelesaian PLSV

·    Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya



Tes tulis
Isian
Penyelesaian dari
5y – 12 = 8    adalah ….

4
2.4    Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel
·   Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

·    Mendiskusikan PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
2 x 40’


Tes tulis
Isian
Perhatikan bentuk-bentuk :
ü  3a + 5 > 2
ü  -4h + 4 < 5
ü  8x – 7 = 10
ü  5y > 10
ü  -p = -5
Yang merupakan PtLSV adalah no ….



·   Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurang, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama

·    Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurang, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama

4 x 40’

Tes tullis
Pilihan Ganda
Bentuk-bentuk berikut yang setara dengan 3x – 4 > 5 adalah ….
ü  5x – 7 > 9
ü  6x + 8 > 10
ü  9x – 12 > 15
ü  -3x + 4 > -5



·   Menentukan penyelesaian PtLSV

·    Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan



Tes tulis
Isian
Penyelesaian dari :
3m – 2 < 10 adalah ….

                               
ALJABAR
Standar Kompetensi      : 3. Menggunakan bentuk aljabar, [ersamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
3.1    Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
·   Merancang masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
·   Merancang masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
Persamaan  dan Pertidaksamaan Satu Variabel
·    Mendiskusikan model matematika
·    Merancang masalah ke dalam bentuk persamaan linear satu variabel



·    Merancang masalah ke dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel
2 x 40’


Tes tulis




Tes tulis
Uraian





Uraian


1.    Nyatakan ke dalam bentuk persamaan linear satu variabel dari: “lima tahun yang akan datang umur Ita 17 tahun”
2.    Nyatakanlah ke dalam model matematika: “Berat barang bawaaan setiap penumpang pesawat tidak boleh lebih dari 30 kg”
Modul Matematika Paket B Tingkatan 3 Derajat Trampil I
2
3.2    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
·   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel




·   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
Persamaan  dan Pertidaksamaan Satu Variabel
·    Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel






·    Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

4 x 40’

Tes tulis








Tes tulis
Uraian









Uraian
1.    Ibu membeli satu kemasan minyak goreng berisi 5 liter. Ibu membayar dengan sleembar uang dua puluh ribuan, ia menerima kembalian sebesar Rp. 2500,00.
Berapa harga satu liter minyak goreng ?
2.    Suatu mobil dapat mengangkut bang dengan berat tidak lebih dari 1500 kg. jika sebuah kotak beratnya 13 kg, maka berapa paling banyak kotak yang dapat diangkut mobil tersebut ?

3.
3.3    Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
·   Menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian
Perbandingan dan Aritmetika Sosial
·    Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli)

·    Mendiskusikan pengertian dan menghitung nilai keseluruhan, nilai per unit dan nilai sebagian.

4 x 40’

Tes tulis
Uraian
Harga satu kodi kaos kaki Rp. 196.000,-
a.     Berapakah harga 1 pasang kaos kaki ?
b.    Berapakah harga 1 lusin kaos kaki ?



·   Menentukan besar dan persentasw laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

·    Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.



Tes tulis
Uraian
Budi menabung uang sebesar Rp. 750.000,- di bank. Jika bank memberikan bunga tunggal sebesar 6% setahun, maka berapakah besar uang budi pada akhir bulan ke-4?

4.
3.4    Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah
·   Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
Perbandingan
·    Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
·    Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Apakah arti skala
1 : 100.000 ?



·   Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala

·    Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala

·    Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala



Tes tulis
Uraian
Ukuran foto I adalah 4 cm x 6 cm, ukuran II adalah 2 cm x 3 cm. berapakah perbandingan :
a.     Foto I dengan foto II
b.    Foto II dengan foto I



·   Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)

·    Mendiskusikan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)

·    Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)



Tes tulis
Uraian
Berikanlah beberapa contoh sehari-hari yang merupakan :
a.     Perbandingan senilai
b.    Perbandingan berbalik nilai



·   Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)

·    Menggunakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai) untuk menyelesaikan soal/masalah sehari-hari.



Tes tulis
Uraian
Perjalanan dari kota A ke Kota B dapat di tempuh dalam waktu 2 jam dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam. Berapa waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak yang sama jika kecepatannya dinaikkan menjadii 60 km/jam?







SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

SATUAN PENDIDIKAN         : PKBM “Melati” Kec. Botumoito                                                                                                                                                                                                                        SETARA KELAS                   : VII SMP
MATA PELAJARAN                : MATEMATIKA                                                                                                                                                                                                                                                           SEMESTER                           : II (DUA)
TINGKATAN/DERAJAT         : III/TRAMPIL I                                                                                                                                                                                                                                                             TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011

BILANGAN
Standar Kompetensi            : 4. Memahami konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
4.1    Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyejiannya
·   Menyatakan masalah sehari-hari alam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
Himpunan
·    Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan dan sebutkan pula anggota-anggotanya
Modul matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I


·   Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan

·    Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan



Tes lisan
Uraian
Diketahui A adalah himpunan bilangan prima yang kurang dari 10 dan B adalah himpunan 4 bilangan asli yang pertama.
a.      Sebutkan semua anggota B yang juga merupakan anggota A;
b.      Sebutkan pula semua anggota A yang bukan anggota B



·   Menyatakan notasi himpunan

·    Menyatakan notasi himpunan



Tes tulis
Uraian
Nyatakan dengan notasi himpunan;
himpunan bilangan ganjil yang kurang dari 20



·   Mengenal himpunan kosong dan notasinya




·   Mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga

·    Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya




·    Membedakan himpunan berhingga dan tak berhingga



Tes lisan
Pilihan Ganda;    B-S
1.      Nyatakan benar atay salah setiap pernyataan berikut :
a.     Himpunan kosong=0
b.     0 = Ø
c.     {     } = { 0 }

2.      Manakah yang merupakan himpunan berhingga?
a.     {1,2,3,4, ……}
b.     (1,3,5,7,…..,99}

2.
4.2    Memahami konsep himpunan bagian
·   Mengidentifikasi himpunan bagian dari suatu himpunan
Himpunan
·    Mendiskusikan pengertian himpunan bagian
·    Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan

4 x 40’

Tes tulis
Pilihan Ganda
Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2,4,6,8,10,12,14,16} ?
a.      {0,2,4,6}
b.      {2,4,6,8}
c.      {8,10,12,14,16}
d.      {10}



·   Menyatakan banyak himpunan bagian suatu himpunan

·    Menyatakan banyak himpunan bagian suatu himpunan
·    Mengidentifikasi rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan



Tes tulis
Uraian
Tulislah semua himpunan bagian dari {1,2,3,4}



·   Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya

·    Mendiskusikan pengertian himpunan semesta

·    Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta



Tes tulis
Uraian
Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan prima, maka himpunan semestanya adalah ….

3
4.3    Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan
·   Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan

·   Menentukan irisan dan gabungan dua himpunan
Himpunan
·    Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan

4 x 40’

Tes tulis
Uraian
Jika A adalah himpunan bilangan ganjil kurang dari 10 dan B adalah himpunan bilangan prima antara 5 dan 15 maka dengan mendaftar tentukan :
a.      A  Ç B
b.      A  È  B



·   Menjelaskan kurang (difference) suatu himpunan dari lainnya

·    Mendiskusikan pengertian kurang dari suatu himpunan dari himpunan lainnya
·    Menuliskan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya
·    Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya



Tes tulis
Isian
Kalau A adalah himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, B adalah himpunan bilangan genap antara 1 dan 7, maka A\ B = A – B adalah ….



·   Menjelaskan kompelemen dari suatu himpunan

·    Mendiskusikan komplemen suatu himpunan
·    Menuliskan komplemen suatu himpunan
·    Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan



Tes tulis
Uraian
Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S adalah himpunan bilangan asli lebih dari atau sama dengan 1 dan kurang dari atau sama dengan 9

4.
4.4    Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
·   Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn
·   Menggambar berbagai himpunan dengan diagram Venn
Himpunan
·    Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram

·    Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan
·    Menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan ke dalam diagram Venn
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
1.      Jika diketahui bahwa
P = {a, k, u, t, o, h},         Q = {t, a, u, d, e, h}, buatlah diagram Venn yang menyatakan:
a.     P Ç Q
b.     P È Q
2.      Gambarlah diagram Venn dari himpunan di bawah ini :
a.     S = {0,1,2,3,4,5,6,7}
P = {1,2,3,4,5}
Q = {3,1,2,5,4}
b.     S = {1,2,3, …,10}
A = {1,3,5,7,9}
B = {2,4,6,8,10}



·   Menyajikan kurang (difference) suatu himpunan lainnya dengan diagram Venn

·    Menyajikan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan ke dalam diagram Venn



Tes tulis
Uraian
Jika diketahui bahwa:
P = {a, k, u, t, o, h}
Q = {t, a, u, d, e, h}
Buatlah diagram Venn yang menyatakan P – Q



·   Menyajikan komplemen suatu himpunan

·    Menyajikan komplemen suatu himpunan ke dalam diagram Venn



Tes tulis
Uraian
Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta  S = himpunan semua bilangan cacah dan A adalah himpunan bilangan ganjil antara 0 dan 10 tentukan A0 dengan cara mendaftar ?

5.
4.5    Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
·   Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan
Himpunan
·    Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

4 x 40’

Tes tulis
Uraian
Di dalam suatu kelas ada 40 peserta didik, 20 peserta didik diantaranya senang matematika, 15 peserta didi senang bahasa, sedang 8 peserta didik tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa peserta didikkah yang senang matematika dan senang bahasa?


ALJABAR
Standar Kompetensi      : 5. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garus lurus
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
5.1    Melakukan operasi aljabar
·   Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
Bentuk Aljabar
·    Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan)
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Sederhanakanlah :
½ (2x + 3) – (63 – 4)
Modul Matematika Paket B Tingkatan 3 Derajat Trampil I


·   Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar

·    Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan)



Tes tulis
Uraian
Sederhanakanlah :
(x – 8) (2x – 1)

2.
5.2    menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

·   Menyebutkan faktor suku aljabar


·   Menguraikan bentukk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Bentuk Aljabar
·    Menyebutkan fakotr suku aljabar berupa konstanta atau variabel


·    Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
1.    Sebutkan variabel pada bentuk-bentuk berikut:
a.     12x – 3
b.     2p2 + 9
2.    Tentukan variabel pada bentuk berikut ini :
(5a – 2) (3a + 1)
3.    Faktorkanlah :
a.     6a – 3b
b.     12m2 + 18m


5.3    Memahami relasi dan fungsi

·   Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Relasi dan Fungsi
·    Menyebutkan hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, missal hubungan antara nama kota dengan Negara/provinsi nama siswa dengan ukuran sepatu
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Berikan beberapa contoh fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi !



·   Menyatakan relasi dengan diagram panah
·   Menyatakan suatu fungsi dengan notasi

·    Menyatakan relasi


·    Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi



Tes tulis
Uraian
1.    Buatlah diagram panah yang menyatakan relasi “dua kurangnya dari” dari himpunan A = {0,2,3,5} ke himpunan B = {2,4,5,6,7}
2.    Dalam waktu satu menit seseorang mampu mengetik 500 kata sehingga dalam selang waktu t menit, ia akan mampu mengetik 500t kata. Nyatakan data tersebut dengan notasi fungsi !

4.
5.4    Menentukan nilai fungsi
·   Menghitung nilai fungsi
Fungsi
·    Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menghitung nilai fungsi

4 x 40’

Tes tulis
Isian
1.    Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(-2) adalah …..



·   Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui

·    Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahuii



Tes tulis
Uraian
2.    Jika f(x) = ax + b, f(1) = 3 dan f(2) = 4, maka tentukan rumus fungsi f(x)

5.
5.5    Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada system koordinat Cartesius

·   Menyusun table pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi


·   Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius
Fungsi
·    Membuat tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi



·    Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada system koordinat Cartesius
2 x 40’


Tes tulis



Tes tulis


Isian




Uraian
1.    Diketahui g(x) = -2x + 3
Lengkapilah table berikut :
X
0
1
2
3
g(x)
….
….
….
….
2.    Dengan menggunakan table gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan dengan f(x) = 3x + 1 dengan peubah empat bilangan cacah yang pertama.

6.
5.6    Menentukan gradient, persamaan dan grafik garis lurus
·   Mengenal pengertian dan menentukan gradient garis lurus dalam berbagai bentuk
Garis Lurus
·    Menemukan pengertian dan nilai gradient suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak

4 x 40’

Tes tulis
Uraian
Bila sebuah garis melalui titik A(3,5) dan titik B(6,-2), maka hitunglah gradient garis itu.



·   Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu

·    Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradient tertentu



Tes tulis
Isian
Persamaan garis yang melalui titk (0,3) dan mempunyai gradient -3 adalah …..



·   Menggambar grafik garis lurus yang persamaannya diketahui
·   Menggambar grafik garis lurus yang melalui dua titik
·   Menggambar grafik garis lurus yang melalui satu titik dengan gradient tertentu

·    Menggambar garis lurus jika :
-       Melalui dua titik
-       Melalui satu titik dengan gradient tertentu
-       Persamaan garisnya diketahui



Tes tulis
Uraian
1.    Gambarlah garis lurus yang persamaannya 2x – y = 4
2.    Gambarlah garis lurus yang melalui titik (-3,7) dan (4,-2)
3.    Gambarlah garis lurus yang melalui titik (4,3) dan bergradien 2

­­­
ALJABAR
Standar Kompetensi            : 6. Memahami system persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
6.1    Menyelesaikan system persamaan linear dua variabel
·      Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
System Persamaan Linear Dua Variabel
·    Mendiskusikan :
-      Pengertian PLDV dan SPLDV
-      Contoh PLDV dan SPLDV
-      Perbedaan PLDV dan SPLDV

4 x 40’

Tes tulis
Uraian
Perhatikan bentuk berikut :
4x + 2y = 2 dan x – 2y = 6
a.      Apakah bentuk itu merupakan system persamaan?
b.     Ada berapa variabelnya? Sebutkan!
c.      Disebutk apakah bentuk tersebut?
Modul matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I


·      Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel

·    Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk  dan variabel



Tes tulis
Uraian
Manakah dari bentuk-bentuk berikut yang merupakan SPLDV?
1)     4x + y =2 dan x – 2y = 3
2)     4x + y < 2 dan x – 2y = 4
3)     X + 2y – 2 = 0 dan
x – 2y = 4



·      Menentukan akar SPLDV dengan cara grafik, subtitusi dan atau eliminasi

·    Menyelesaikan SPLDV dengan grafik, subtitusi dan atau eliminasi



Tes tulis
Uraian
Selesaikan SPLDV berikut ini:
a.      3x – 2y = 1 dan
b.     –x + 3y = 4

2.
6.2    Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear dua variabel
·      Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
System persamaan linear dua variabel
·    Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model matematika dalam bentuk SPLDV
2 x 40’


Tes tulis
Uraian
Harga 4 penghapus karet dan 5 buah pulpen Rp. 19.000,00 sedangkan harga 3 penghapus karet dan 4 pulpen Rp.15.000,00. Tulislah model matematikanya!

3.
6.3    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berikaitan dengan system persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
·      Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
System Persamaan Linear Dua Variabel
·    Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model matematika dalam bentuk SPLDV
2 X 40’


Tes tulis
uraian
Harga 4 penghapus karet dan 5 buah pulpen Rp 19.000,00 sedangkan 3 penghapus karet dan 4 pulpen Rp. 15.000,00. Berapakah harga 6 buah penghapus karet dan satu lusin pulpen ?




Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                       Botumoito, …………………………………..
Ketua PKBM “Melati”                                                                                                                                                                                                                     Tutor Mata Pelajaran



_______________________                                                                                                                                                                                                   _______________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar