Sabtu, 14 Januari 2012

SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

SATUAN PENDIDIKAN         : PKBM “Melati” Kec. Botumoito                                                                                                                                                                                                                        SETARA KELAS                   : VIII SMP
MATA PELAJARAN                : MATEMATIKA                                                                                                                                                                                                                                                           SEMESTER                           : 4 (Empat)
TINGKATAN/DERAJAT         : III/TRAMPIL I                                                                                                                                                                                                                                                             TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011

GEOMETRI
Standar Kompetensi            : 7. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
7.1    Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
·   Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda konkrit
Garis dan Sudut
·    Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual



Tes tulis
Uraian
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kedudukan dua garis yang;
a.      Sejajar
b.      Berimpit
c.      Berpotongan
d.      bersilangan
Modul matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I


·   Mengenal satuan sudut yang sering digunakan

·    Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan



Tes tulis
Uraian
Satuan sudut yang sering digunakan adalah ….



·   Mengukur besar sudut dengan busur derajat

·   Menggambar sebuah sudut dengan busur derajat

·    Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat
·    Menggambar sebuah sudut dengan menggunakan busur derajat



Tes tulis

Tes tulis
Uraian


Uraian
1.      Ukurlah dengan busur derajat besar sudut-sudut berikut ini:
 

a.                     b.

2.      Gambarlah sudt-sudut di bawah ini dengan menggunakan busur derajat:
a.     ÐKLM = 250
b.     ÐPQR = 1730



·   Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siu-siku, lancip, tumpul)

·    Mendiskusikan jenis-jenis sudut
·    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut



Tes tulis
Uraian
Jelaskan perbedaan jenis sudut siku-siku, lancip dan tumpul

2.
7.2    Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
·   Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar berpotongan garis ketiga (garis lain)
Garis dan Sudut
·    Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain


·    Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi



Tes tulis
Uraian
Perhatikan gambar :
           A
                     4
                 1       3
                      2
                                        1   4
                                             2
                                                    B

Gunakan busur derajat untuk mengukur semua sudut yang tampak pada gambar.
Kesimpulan apa yang anda peroleh ?                                                                                                             



·   Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal

·    Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain



Tes tulis
Uraian
Perhatikan gambar :
            C                       D




 A                     B                       E

3.
7.3    Melukis sudut
·   Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka
Garis dan Sudut
·    Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat

·    Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka



Tes tulis
Uraian
Diketahui sebuah sudut seperti tampak pada gambar berikut :


 




Lukislah sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar!



·   Melukis sudut 600 dan 900

·    Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut 600 dan 900
·    Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku



Tes tulis
Uraian
Perhatikan gambar berikut :


 



Dengan penggaris dan jangka bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama besar



·   Melukis sudut 300, 450, 1200 dan 1500

·    Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut  300, 450, 1200 dan 1500



Tes tulis
Uraian
Dengan penggaris dan jangka lukislah sudut yang besarnya :
  1. 450
  2. 1200


GEOMETRI
Standar Kompetensi            : 8. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
8.1    Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
·   Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya
Segiempat dan Segitiga
·    Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan model segitga



Tes tulis
Uraian
Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan ukuran panjang sisinya
Modul matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I


·   Menjelaskan jenis-jenis segita berdasarkan besar sudutnya

·    Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan model segitiga



Tes tulis
Uraian
Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudut-sudutnya


8.2    Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapezium, jajaran genjang, belah ketupat dan layang-layang
·   Menjelaskan pengertian jajaran genjang, persegi panjang, persegi, belah ketupat, trapezium dan layang-layang menurut sifatnya
Segi empat dan segitiga
·    Menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajaran genjang, persegi, persegi panjang belah ketupat, trapezium dan layang-layang menurut sifatnya



Tes tulis
Uraian
Lihatlah di seluruh ruang kelasmu!
a.        Benda-benda manakah yang berbentuk persegi? Jelaskan!
b.       Benda-benda manakah yang berbentuk persegipanjang? Jelaskan!



·   Menjelaskan sifat-sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya

·    Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi dan sudutnya



Tes tulis
Uraian
Jelaskan sifat persegi panjang dengan memperhatikan ukuran sisi, besar sudut dan panjang diagonalnya!

3.
8.3    Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
·   Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat

·    Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak(satuan luas)
·    Menemukan luas segitiga denan menggunakan luas persegi panjang
·    Menemukan luas jajaran genjang, trapezium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas perseg atau persegi panjang



Tes tulis
Uraian
   D                                        C


   A                                        D
Luas persgi panjang ABCD adalah ….



·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat

·    Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat untuk menyelesaikan masalah



Tes tulis
Uraian
Pak Surya mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 8 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan Pak Surya?

4.
8.4    Melukis segitiga, garis tinggi garis bagi, garis berat dan garis sumbu
·   Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
Segitiga
·    Menggunakan penggaris jangka dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui:
-          Ketiga sisinya
-          Dua sisi dan satu sudut apitnya
-          Satu sisi dan dua sudut



Tes tulis
Uraian
Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm, 3 cm dan 1,5 cm



·   Melukis segitiga sama sisi dan segitiga samakaki

·    Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat



Tes tulis
Uraian
Lukislah sebuah segitiga ABC dengan panjang AC = BC = 3 cm



·   Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

·    Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat dan garis tinggi suatu segitiga



Tes tulis
Uraian


Lukislah ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan ?


SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

SATUAN PENDIDIKAN         : PKBM “Melati” Kec. Botumoito                                                                                                                                                                                                                        SETARA KELAS                   : VIII SMP
MATA PELAJARAN                : MATEMATIKA                                                                                                                                                                                                                                                           SEMESTER                           : 4 (empat)
TINGKATAN/DERAJAT         : III/TRAMPIL I                                                                                                                                                                                                                                                             TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011

GEOMETRI
Standar Kompetensi            : 9. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
9.1    Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
·   Menemukan Teorema Pytagoras
Teorem Pythagoras
·    Menemukan Teorem Pythagoras dengan menggunakan bangun datar persegi



Tes tulis
Uraian
Perhatikan gambar berikut :


 


             c              a


                        b 
Nyatakan hubungan antara   a, b, dan c
Modul matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
Kertas berpetak, model Pythagoras


·   Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui

·    Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku



Tes tulis
Uraian
Pada  D   ABC yang siku-siku di A diketahui bahwa panjang sisi AB = 25 cm dan panjang sisi BC = 25 cm. hitunglah panjang sisi AC !



·   Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)

·    Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa



Tes tulis
Uraian
Segitiga PQR siku-siku di Q. bila besar sudut P = 30 0 dan panjang PR = 10 cm. hitunglah panjang sisi PQ dan QP

2.
9.2    Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
·   Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, missal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb
Teorema Pythagoras
·    Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal, sisi pada bangun datar. Missal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb



Tes tulis
Uraian
Persegi panjang KLMN mempunyai panjang KL = 7 cm dan MN = 24 cm. hitunglah panjang diagonal KN !

GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi            : 10. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
10.1Menentukan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran
·   Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran; pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng
Lingkaran
·    Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model



Tes tulis
Isian
Perhatikan gambar berikut :
                        A
                                    B
                  O                   C


                     D
1.       Disebut apakah garis AC?
2.       Disebut apakah garis lengkung ABC?
3.       Disebut apakah daerah arsiran OCD?
4.       Disebut apakah daerah arsiran ABC?
Modul matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
Kertas berpetak, model Pythagoras
2.
10.2Menghitung keliling dan luas lingkaran

·   Menemukan nilai pendekatan phi

·   Menemukan nilai phi
Lingkaran
·    Menyimpulkan nilai phi dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran



Tes unjuk kerja
Uraian
Ukurlah keliling (K) dan diameter (d) dari beberapa benda yang berbentuk lingkaran! Kemudian hitunglah hasi dari        K     !
                                        d
bilangan berapakah yang didekati oleh hasil pembagian tadi?



·   Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran

·    Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat peraga



Tes tulis
Isian
Lengkapilah :
a.  Rumus keliling lingkaran yang berjari-jari p adalah ….
b. Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari   q !



·   Menghitung keliling dan luas lingkaran

·    Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah



Tes tulis
Uraian
1.       Hitunglah luas lingkaran jika ukuran jari-jari 14 cm dengan p =  22       !
               7
2.       Hitunglah keliling lingkaran jika diameternya 20 cm dengan p = 3,14 !

3.
10.3Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
·   Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
Lingkaran
·    Mengamati hubungan sudut pusat  dan sudut keliling yang menghadapt busur yang sama



Tes tulis
Uraian
Perhatikan gambar :


 





Bila B pusat lingkaran, maka bagaimana hubungan antara sudut ABC dengan sudut ADC



·   Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama

·    Menghitung besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama



Tes lisan
Isian
Lengkapilah :
a.        Besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran adalah ….
b.       Besar sudut-sudut keliling yang menghadap busur sama adalah ….



·   Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng

·    Menghitung panjang busur, luas juring dan temberng



Tes tulis
Uraian
Di dalam lingkaran dengan jari-jari 10cm, terdapat sudut pusat AOB sebesar 720.( p = 3,14)
Hitunglah :
a.        Panjang busur AB;
b.       Luas juring OAB;



·   Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah

·    Menemukan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dan menggunakannya dalam pemecahan masalah



Tes tulis
Uraian
Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak tersebut harus minum ¼ tablet itu dan ternyata jari-jari tabel 0,35 cm.berapakah luas salah satu permukaan tablet yang ia minum?
(p = 22  )
        7

4.
10.4Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
·   Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat
Lingkaran
·    Mengamati sifat sudut yang dibentuk  oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat



Tes tulis
Uarian
Perhatikan gambar !





Berapakah besar sudut R?
Mengapa ?



·   Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran

·    Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran



Tes tulis
Isian
Perhatikan gambar!
          P                                   
                                    C               Q

               D
Jika C, D, P dan Q adalah tiitik singgungm maka:
a.        Garis PQ pada gambar di atas disebut ….
b.       Garis CD pada gambar di atas disebut …..



·   Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar

·    Menghitung panjang garis singgung persekutuan alam dan persekutuan luar dua lingkaran



Tes tulis
Uraian
Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7 cm dan 1 cm. jika jarak antara titik pusatnya 10 cm, berapakah panjang garis singgung :
a.        Persekutuan dalam
b.       Persekutuan luar

5.
10.5Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
·   Melukis lingkaan dalam dan lingkaran luar segitiga
Lingkaran
·    Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga



Tes tulis
Uraian
Diketahui D ABC dengan panjang AB = 6 cm, AC = 5 cm dan BC = 4 cm. Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah :
a.        Lingkaran dalamnya
b.       Lingkaran luarnya

GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi            : 11. Memahmi sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
11.1Mengidentifiaksi sifat-sifat kubus, balok prisma dan limas serta bagian-bagiannya
·   Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang sisi, diagonal ruang, bidang diagonal
Kubus, balok, prisma tegak, limas
·    Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas dengan menggunakan model



Tes tulis
Uraian
               R                       W    
        T 
                                        U
                R                         S
         P                          Q
Perhatikan balok PQRS–TUVW
a.        Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya
b.       Sebutkan diagonal ruangnya
c.        Sebutkan bidang alas dan atasnya
Modul matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I

2.
11.2Membuat jarring-jaring kubus, balok, prisma dan limas
·   Membuat jarring-jaring :
-          Kubus
-          Balok
-          Prisma tegak
-          Limas
Kubus, balok, prisma tegak, limas
·    Merancang jarring-jaring
-          Kubus
-          Balok
-          Prisma tegak
-          Limas



Tes tulis
Uraian
Buatlah model balok menggunakan karton manila


11.3Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
·   Menemukan rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
Kubus, balok, prisma tegak, limas
·    Mencari rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak



Tes tulis
Uraian
4.       Sebutkan rumus luas permukaan kubus jika rusuknya x cm
5.       Sebutkan rumus luas permukaan prisma yang alasnya jajaran genjang dengan panjang alasnya a cm dan tingginya b cm. tinggi prisma t cm



·   Menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas

·    Menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas



Tes tulis
Uraian
Suatu prisma tegaj beralas segitiga sam sisi mempunyai panjang rusuk alas 6 cm dan tingginya 8 cm. hitunglah luas permukaan prisma



·   Menentukan rumus volum kubus, balok, prisma dan limas

·    Mencari rumus volume kubus, balok, prisma dan limas



Tes tulis
Uraian
Sebutkan rumus volume:
a.        Kubus dengan panjang rusuk x cm
b.       Balok dengan panjang p cm, lebar l cm dan tiggi t cm



·   Menghitung volume kubus, balok prisma dan limas

·    Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma dan limas



Tes tulis
Pilihan Ganda
Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. jika tinggi limas 8 cm maka volume limas :
  1. 206 cm
  2. 216 cm
  3. 261 cm
  4. 648 cm





Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                       Botumoito, …………………………………..
Ketua PKBM “Melati”                                                                                                                                                                                                                     Tutor Mata Pelajaran



_______________________                                                                                                                                                                                                   _______________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar