Sabtu, 14 Januari 2012

SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


SATUAN PENDIDIKAN         : PKBM “Melati” Kec. Botumoito                                                                                                                                                                                                                        SETARA KELAS                   : VIII SMP/MTS
MATA PELAJARAN                : Ilmu Pengetahuan Sosial                                                                                                                                                                                                                                     SEMESTER                           : 1 (Satu)
TINGKATAN/DERAJAT         : III/TRAMPIL 1                                                                                                                                                                                                                                                            TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011

Standar Kompetensi            : 7. Memahami Permasalahan Sosial berkaitan dengan Pertumbuhan Jumlah Penduduk
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1    Mendeskripsikan fisik wilayah dan penduduk

-    Menunjukkan letak geografis (posisi, geografis, letak geografis) Indonesia
-    Menganalisa hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
-    Mendeskripsikan wilaya daratan Indonesia
-    Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian walasea dan webwer
-    Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia
Permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk

·    Mengkaji tentang permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
2 jam
-

-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-    Jelaskan dengan singkat hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
7.2    Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya.
-    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan pertumbuhan)
-    Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduk.
-    Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan dan beban ketergantungan  serta mengartikan angka tersebut
-    Mengartikan angka Usia Harapan Hidup
-    Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya
-    Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor- penyebabnya
-    Menganalisis dampak positif negatif migrasi serta usaha penanggulangannya
-    Permasalah kependudukan dan upaya penanggulangannya








-    Dampak ledakan penduduk


·    Mengkaji tentang permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya








·    Mengkaji modul tentang dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
2 jam
-
-
-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Uraian
-    Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk







-    Apa yang dimaksud dengan angka usia harapan hidup
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
7.3    Mendeskripsikan permasalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangan dalam pembangunan yang berkelanjutan
-    Mengidentifikasi unsure-unsur lingkungan *unsure a biotic, biotic sosial budaya)
-    Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
-    Member contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
-    Menafsirkan hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
-    Permasalahan hidup dan upaya penanggulangan
·    Mengkaji modul tentang permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya
2 jam
-
-
-   Tes tulis
-   Tugas
-   PG
-   Uraian
-    Sebutkan unsure-unsur lingkungan abiotik, biotic, sosial budaya
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
Buku IPS yang relevan
7.4    Mendeskripsikan permasalah kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
-    Menjelaskan permasalahan kuatitas penduduk
-    Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
-    Permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
·    Mengkaji modul tentang permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
2 jam
-
-
-   Tes tulis
-   PG
-   Uraian
-    Sebutkan dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

Standar Kompetensi            : 8. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1    Menjelaskan proses perkembangan kolonialisasi dan imperialism barat serta pengaruh yang ditumbulkannya diberbagai daerah

-    Mendeskripsikan kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaan colonial
-    Mengidentifikasi perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah colonial
-    Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme barat diberbagai daerah
Perkembangan kolonialisme dan imperialism barat serta pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah

·    Mengkaji modul tentang perkembangan kolonisalisme barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
2 jam
-

-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-    Jelaskan pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan pemerintah kolonialisme di berbagai daerah
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
8.2    Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identigas Indonesia dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
-    Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan colonial, perkembangan pendidikan barat perkembangan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
-    Mendeskripsikan peranan golongan terpelajar, professional dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia
Proses terbentuknya kesadaran nasional dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
·    Mengkaji tentang proses terbentuk kesadaran nasional, identitas Indonesia dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
2 jam
-
-
-   Tes tulis
-   Tugas
-   PG
-   Uraian
-    Sebutkan contoh-contoh organisasi kebangsaan yang bersifat etnis kedaerahan dan keagamaan

Standar Kompetensi            : 9. Memahami Masalah Penyimpangan Sosial
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1    Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkobar,HIV/ Aids, PSK dsb sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

-    Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
-    Mengidentifikasi faktor-faktor penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

·    Mengkaji modul tentang pranata sosial, faktor-faktor penyimpangan sosial dalam keluarga
2 jam
-

-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Isian
-   Uraian
-    Berikut 2 contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
9.2    Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
-    Mengidentifikasi upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat\
-    Mengidentifikasi sikap terhadap perilaku penyimpangan sosial
Upaya Pencegahan Penyimpangan Sosial
·    Mengkaji tentang upaya pencegahan penyimpangan sosial
2 jama
-
-
-   Tes tulis
-   Tugas
-   PG
-   Uraian
-    Jelaskan pengertian kelangkaan


Standar Kompetensi            : 10. Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi di Masyarakat
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1Mendeskripsikan hubungan antara kealngkaan sumber daya dengan kebutuhan yang tidak terbatas

-    Menjelaskan terjadinya arti kealngkaan, kelangkaan dan faktor-faktor terjadinya kelangkaan
-    Mengidentifikasi usaha-usaha mansuai dalam mengatasi kelangkaan
-    Mengidentifikasi arti dan jenis kebutuhan
-    Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam
Kelangkaan SDE jenis-jenis kebutuhan, pengertian dan macam-macam alat kebutuhan

·    Mengkaji tentang kelangkaan SDE, jenis-jenis kebutuhan, pengertian dan macam-macam alat kebutuhan
2 jam
-
-
-   Tes tulis

-   Tugas
-   PG
-   Uraian
-    Jelaskan pengertian kelangkaan
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
10.2Mendeskripsikan pelaku ekonomi rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan Negara
-    Menggolongkan pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia
-    Mengidentifikasi peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN,BUMS, Koperasi)
-    Mengidentifikasi pokok-pokok  perkoperasian Indonesia
Pelaku Ekonomi RT, masyarakat,perusahaan, koperasi dan negara
·     



-    
-    
-     
10.3Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
-    Menjelaskan  pengertian, fungsi dan peranan pasar bagi masyarakat
-    Mengidentifikasi syarat-syarat terjadi pasar
-    Mengidentifikasi tentang pokok perekonomian di Indonesia
Bentuk-bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
·    Mengkaji bentuk pasar dalam perekonomiian masyarakat
2 jam
-
-
-   Tes tulis
-   Tugas
-   PG
-   Uraian
-    Sebutkan bentuk-bentuk pasar

Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                       Botumoito, …………………………………..
Ketua PKBM “Melati”                                                                                                                                                                                                                     Tutor Mata Pelajaran

_______________________                                                                                                                                                                                                   _______________________
SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


SATUAN PENDIDIKAN         : PKBM “Melati” Kec. Botumoito                                                                                                                                                                                                                        SETARA KELAS                   : VIII SMP/MTS
MATA PELAJARAN                : Ilmu Pengetahuan Sosial                                                                                                                                                                                                                                     SEMESTER                           : 2  (Dua)
TINGKATAN/DERAJAT         : III/TRAMPIL 1                                                                                                                                                                                                                                                            TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011

Standar Kompetensi            : 11. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber/Alat Belajar
TM (1xSKK)
Ttrl (2xSKK)
Mandiri (3xSKK)
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1Mendeskripsikan peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara kesatuan RI

-    Mendeskripsikan secara kronologis peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
-    Menjelaskan proses terbentuknya Negara dan Pemerintahan RI beserta kelengkapannya dengan siding PPKI
Proklamasi kemerdekaan proses terbentuknya Negara RI

·    Mengkaji tentang peristiwa sekitar proklamasi Kemerdekaan Indonesia
2 jam
-

-   Tes tulis
-   Tugas
-   PG
-   Uraian
-    Sebutkan tokoh yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan
-    Modul IPS Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-    Buku IPS yang relevan
11.2Menjelaskan proses persiapan Kemerdekaan Indonesia

-    Menjelaskan alas an Jepang membentuk BPUPKI
-    Mendeskripsikan secara kronologis mengenaii siding BPUPKI dan proses penyusunan dasar dan konstitusi Negara indonesiia yang akan didirikan
-    Mengidentifikasi dibentuknya PPKI dan peranannya dalam proses persiapan Kemerdekaan Indonesia
Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia
·    Mengkaji modul tentang proses persiapan Kemerdekaan Indonesia
2 jam
-
-
-   Tes tulis
-   Tugas
-   PG
-   Uraian
-     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar