SINOPSIS
“ BURUNG “
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Dalam mengembangkan kemampuan Anak Usia Dini
diperlukan kreativitas para pendidik PAUD atau tutor dalam pembelajaran
disegala bidang, diantaranya adalah pengembangan fisik motorik anak dan seni.
Pendidik PAUD dituntut untuk selalu berkreasi menciptakan gerakan-gerakan yang
membuat anak senang mengikuti dan menghibur, sehingga gerakan-gerakan kreasi
para guru selalu dinanti dan diminati oleh anak usia dini. Gerakan kreasi itu
dapat dikemas menjadi gerak dan lagu, yaitu bergerak sesuai dengan irama musik
yang dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Menurut Mahmud (dalam http://tokohindonesia.com
yang diakses 28 Mei 2010), sebuah gerak dan lagu anak-anak yang baik adalah
gerak dan lagu yang mampu mengembangkan imajinasi, daya berpikir anak, dapat
menyalurkan emosinya serta kemampuan aspek sosial dan kebudayaan (bahasa yang
baik dan benar). Dalam pembelajaran gerak dan lagu ini saya mengangkat Tema
“Binatang” dengan Sub Tema “Burung” karena banyak anak-anak yang suka
dengan burung dan mereka senang menirukan gerakan-gerakan burung.
Burung
adalah jenis binatang yang senang melintasi alam. Burung suka bersiul dan
bernyanyi. Suaranya merdu seolah-olah mempunyai irama lagu. Disamping itu,
burung mempunyai ciri khas lain, misalnya dalam melakukan kegiatannya selalu
berdua bahkan berkelompok sehingga kalau kita cermati dengan seksama bahwa
mereka kemana saja selalu seiring, sejalan, bahkan seiya dan sekata. Membuat
sangkarpun mereka selalu bersama-sama, apalagi mencari makanan. Merekapun suka
berayun diatas pohon sambil mengangguk-anggukan kepalanya, meloncat,
mengepak-ngepakkan sayapnya dan lain sebagainya. Itulah sebabnya banyak seniman
dan seniwati mengidentifikasikannya kedalam gerak dan lagu.
Pendidik
PAUD pun mengangkatnya kedalam bidang pengembangan seni yaitu melalui kegiatan
gerak dan lagu, mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki
sesuai irama musik dengan lentur, bergerak bebas dengan irama musik serta gerak
bervariasi.
B. TUJUAN
Tujuan pengembangan gerak dan lagu adalah agar
anak dapat dan mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya,
mengembangkan kepekaan, mengembangkan gerakan kasar dan halus dalam mengontrol
gerakan tubuh, koordinasi / keseimbangan tubuh serta anak dapat memiliki
apresiasi seni yang tinggi yang dapat menunjang kedewasaannya dalam berpikir
maupun berimajinasi secara kreatif, sehingga anak mampu mencintai, menyayangi
mahluk Tuhan yang hidup di alam sekitar.
Tujuan
pendidikan secara universal adalah agar anak menjadi mandiri, bukan hanya dapat
mencari nafkahnya sendiri, tapi juga bisa mengarahkan dirinya pada keputusannya
sendiri untuk mengembangkan semua kemampuan fisik, mental, sosial dan emosional
yang dimilikinya, sehingga dapat mengembangkan suatu kehidupan yang sehat dan
produktif. (dalam buku Ensiklopedi Bocah Muslim)
C. FUNGSI GERAK DAN LAGU
Untuk anak-anak PAUD yaitu membantu pertumbuhan
dan perkembangan, baik pertubuhan fisik, mental, dan membina estetik serta
membina kreatifitas.
D. KEGIATAN
, ALAT dan DURASI
Kegiatan : Gerak dan Lagu
Tema : Binatang
Sub Tema :
Burung
Isi Materi :
Menggambarkan seorang anak yang
mengenang kembali burung peliharaannya,
kemudian dia sedih burungnya terlepas.
Kelompok Usia : 4 – 6 Tahun
Lokasi Pelaksanaan : Halaman Sekolah atau Ruang Kelas
Metode : Ceramah
Tanya
Jawab
Demonstrasi
Alat Bantu : Kaset CD
VCD
Burung
Sumber : Buku
Artikel
Internet
Seorang
Ahli Seni
Durasi Waktu : 20 – 30 Menit
BAB II
PROSES PEMBELAJARAN
Pembelajaran
Gerak dan Lagu dimulai dari melaksanakan kegiatan Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.
PERSIAPAN
A.
PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN
·
Tutor menyiapkan alat yang akan digunakan yaitu : Kaset CD dan VCD.
·
Menyambut anak
·
Bernyanyi
bersama di halaman sekolah dalam bentuk lingkaran
·
Transisi
·
Berbaris
·
Masuk kedalam kelas
B.
PIJAKAN SEBELUM MAIN
·
Mengucap Basmallah
·
Gerakan sholah dua rakaat
·
Tutor dan anak duduk membuat lingkaran, tutor
memberi salam dan menanyakan kabar anak
·
Absensi
·
Berdo’a bersama (setiap hari anak bergilir untuk
memimpin do’a)
·
Tanya jawab (hari, tanggal, bulan dan tahun)
·
Penyampaikan
tema dan Sub Tema
·
Pengenalan
suku kata
·
Bercerita
(seorang anak yang senang memelihara burung namun ia sedih burungnya terlepas)
PELAKSANAAN
A.
PIJAKAN
SELAMA MAIN
· Tutor
·
Anak
mengikuti gerakan Senam Ceria yang dipandu oleh tutor
·
Tutor
berkeliling memperhatikan seluruh anak, melihat gerakan anak, membetulkan
gerakan anak.
EVALUASI
A.
PIJAKAN SETELAH MAIN
·
Setelah
selesai bermain peran anak tutor duduk melingkar, tutor menanyakan kepada anak
tentang kegiatan yang dilakukan,
·
Menanyakan
kesulitan yang dihadapi oleh anak tentang gerakan tadi,
·
Apabila
anak dapat mengikuti seluruh gerakan dengan riang, tutor menanyakan untuk senam
selanjutnya begaimana jika gerakan ditambah atau dirubah,
·
Tutor
menyakan kepada anak tentang pengalaman selama melakukan kegiatan Senam Ceria.
·
Anak
diajak membereskan alat-alat yang telah digunakan.
·
Anak
diseluruh minum secara bergiliran.
BAB III
PELAKSANAAN GERAK DAN LAGU
KOREOGRAFI
Gerak dan Lagu Burungku menggambarkan
seorang anak yang mengenang kembali
burung peliharaannya, kemudian dia sedih burungnya terlepas.
Gerak dan Lagu ini terdiri dari
10 gerakan, dengan penjabaran gerakan sebagai berikut :
* Gerakan 1
Mengangkat kedua tangan sambil
bergantian kesamping telinga (kanan dan kiri) hitungan 1 x 8 dengan lagu
Dengar-dengar, dengarkanlah burungku bernyanyi.
* Gerakan
2
Jari telunjuk menunjuk keatas dengan kedua tangan secara
bergantian (kanan dan kiri) diselingi dengan mengayunkan tangan kedepan
hitungan 1 x 8 dengan lagu lihat-lihat,
lihatlah ia sedang menari.
* Gerakan 3
Mengayunkan tangan kekiri dan
kekanan lalu berputar-putar,
menggeleng-gelengkan kepala. Hitungan 1 x 8 dengan lagu
berayun-ayun, berputar-putar, digeleng-gelengkan kepalanya.
* Gerakan 4
Gerakannya
masih berayun-ayun, berputar-putar lalu mengepak-ngepakan sayapnya, hitungan 1
x 8. Lagu berayun-ayun, berputar-putar dikepakkan sayapnya.
* Gerakan ke-lima dengan lagu “sambil
bersiul sangatlah merdu. Melompat-lompat sambil berhadapan dengan lagu
menari-nari ikut irama. Gerakannya menari (mengayunkan tangan ke kanan dan ke
kiri). Hitungan 1 x 8.
* Gerakan
ke-Enam mengayunkan
tangan (menari) sambil berhadapan dengan lagu ”Ayo kawan mari kita bergembira
ria”. Hitungan 1 x 8.
* Gerakan ke-Tujuh gerakannya bertepuk
tangan kemudian melompat membentuk lingkaran dengan lagu-lagu yang merdu serta
ceria hitungan 1 x 8.
* Gerakan ke-Delapan dengan Lagu ”Marilah
kita bersama-sama membuat sangkar dengan teratur” 2x. Hitungan 2 x 8, gerakan
ini maju, mundur secara bergantian dengan mengayunkan tangan ke atas dan ke
bawah sehingga membentuk lingkaran.
* Gerakan ke-Sembilan gerakannya dengan
tangan menyiku ke kanan, ke kiri dan bertopang dagu dengan lagu ”Burungku kini
terlepas lagi”. Hatiku pilu sangatlah sedih.
* Gerakan
ke-sepuluh kembali ke gerakan lompat
sambil tepuk tangan dengan lagu
Tri
li.........li.........li – tri...........li.........li..
Tri
li.........li.........li.........
Sambil membentuk posisi bersaf dan
bertopang dagu karena sedih. lalu terakhir instrumen dengan berjalan biasa
sambil mengayunkan tangan kekanan dan kekiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar