SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SATUAN PENDIDIKAN : PKBM
“Melati” Kec. Botumoito SETARA
KELAS : VII SMP/MTS
MATA PELAJARAN :
Ilmu Pengetahuan Sosial SEMESTER : 1 (Satu)
TINGKATAN/DERAJAT :
III/TRAMPIL 1 TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
Standar Kompetensi : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan
Manusia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
1.1
Mendeskripsikan bentuk muka bumi, proses pembentukan dan
dampaknya terhadap kehidupan
|
-
Mengidentifikasi
keragaman bentuk muka bumi
-
Menjelaskan
proses pembentukan muka bumi
-
Mengidentifikasi
jenis batuan pembentukan permukaan bumi
-
Menjelaskan
dampak keragaman muka bumi terhadap kehidupan
|
-
Keragaman
bentuk muka bumi
- Proses pembentukan muka bumi
|
·
Mengamati
tentang keragaman bentuk muka bumi
·
Mengkaji
proses pembentukan muka bumi
·
Mengamati
contoh jenis batuan melalui gambar dan batuan yang ada lingkungan disekitar
·
Membaca buku
modul tentang dampak keragaman muka bumi terhadap kehidupan
|
2 jam
|
-
|
V
|
- Tes tulis
- Tugas
|
- PG
- Isian
- Uraian
- Portofolio
|
-
Uraikan dengan
singkat bentuk muka bumi
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang
relevan
-
Peta/Atlas dan
batuan
|
1.2
Mendeskripsikan
kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia
|
-
Mengidentifikasi
zaman, hasil budaya, cara hidup dan jenis manusia pada masa pra aksara
-
Mengidentifikasi
kehidupan masyarakat pra aksara
|
-
Masyarakat pra
aksara dan kehidupan pada masa pra aksara
|
·
Mengamati
tentang zaman, hasi budaya, cara hidup dan jenis manusia pada masa pra aksara
·
Mengamati
masyarakat dan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara
|
2 jam
|
2 jam
|
-
|
- Tes tulis
- Tugas
|
- PG
- Isian
- Uraian
- Portofolio
|
-
Manusia pra
aksara mulai bertempat tinggal tetap sejak zaman ……
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami Lingkungan Kehidupan
Manusia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
2.1 Mendeskripsikan
interaksi sebagai proses sosial
|
-
Menjelaskan pengertian, proses
interaksi sosial
-
Mengidentifikasi faktor-faktor
pendorong berlangsungnya interaksi sosial
|
Interaksi
Sosial
|
·
Mengkaji tentang pengertian,
proses interaksi sosial dan
faktor-faktor pendorong berlangsungnya interaksi sosial
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
-
Portofolio
|
-
Sebutkan faktor-faktor pendorong
berlangsungnya suatu porses interaksi sosial
|
- Modul IPS Paket B Tingk. III
Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas
2009.
- Buku IPS yang relevan
|
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan
kepribadian
|
-
Menjelaskan pengertian, tujuan
sosialisasi
-
Mengidentifikasi status sosial,
peran sosial dan proses sosialisasi sebagai pembentukan kepribadian
|
Pengertian,
tujuan, status, peran sosial dan proses sosialisasi sebagai pembentuk
kepribadian
|
·
Mengkaji tentang pengertian,
tujuan sosialisasi
·
Mengkaji status sosial, peran
sosial dan proses sosialisasi sebagai pembentuk kepribadian
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
-
Portofolio
|
-
Proses mempelajari dan
menghayati norma serta perilaku yang selaras dengan peran-peran sosial dan
kehidupan sehari-hari di namakan …..
|
|
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
-
Mengidentifikasi bentuk-bentuk
interaksi sosial
|
Bentuk-bentuk
interaksi sosial
|
·
Mengkaji tentang bentuk-bentuk
interkasi sosial
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
-
Portofolio
|
-
Sebutkan tiga bentuk interaksi
sosial
|
|
2.4
Menguraikan
proses interaksi sosial
|
- Menguraikan proses interaksi sosial
|
|
·
Mengkaji
tentang proses interaksi sosial
|
|
|
|
|
-
|
-
|
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Manusia Memenuhi
Kebutuhan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
3.1
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial
yang dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
|
- Menjelaskan
pengertian makhluk ekonomi dan makhluk sosial
- Mengidentifikasi
cirri manusia sebagai makhluk ekonomi
- Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan seseorang
- Mengidentifikasi
sumber daya dalam memenuhi kebutuhan
|
Manusia
sebagai makhluk sosial dan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan
|
· Mengkaji
tentang pengertian manusia makhluk ekonomi dan sosial, cirri manusia sebagai
makhluk ekonomi dan faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan seseorang
· Mengkaji
tentang sumber daya dalam memenuhi kebutuhan
|
2 jam
2 jam
|
-
|
-
|
- Tes tulis
- Tugas
- Tes tulis
- Tugas
|
- PG
- Isian
- Uraian
- Portofolio
- PG
- Isian
- Uraian
- Portofolio
|
- Jelaskan
pengertian manusia sebagai makhluk sosial
- Air bagi yang
haus, obat bagi yang sakit merupakan kebutuhan ….
|
-
Modul IPS Paket B Tingk. III
Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas
2009.
-
Buku IPS yang relevan
|
3.2
Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan
motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan ekonomi
|
- Menjelaskan
pengertian tindakan ekonomi yang dilakukan manusia.
- Mengidentifikasi
macam-macam motif ekonomi beserta contohnya
- Menjelaskan
prinsip ekonomi
- Mengidentifikasi
cirri-ciri prinsip ekonomi
- Mengidentifikasi
jenis penerapan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan ekonomi
|
- Tindakan,
motif dan prinsip ekonomi
- Cirri-ciri dan
jenis penerapan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan ekonomi
|
· Mengkaji
tentang pengertian tindakan ekonomi yang dilakukan manusia, macam-macam motif
ekonomi dan prinsip ekonomi
· Mengkaji
cirri-ciri jenis penerapan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan ekonomi
|
2 jam
|
-
|
-
|
- Tes tulis
- Tugas
- Tes tulis
|
- PG
- Isian
- Uraian
- Portofolio
- PG
- Isian
- Uraian
|
- Sebutkan tiga
contoh tindakan yang dilandasi motif ekonomi
- Jelaskan apakah
menabung termasuk yang sesuai dengan prinsip ekonomi?
|
Mengetahui Botumoito,
…………………………………..
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SATUAN PENDIDIKAN : PKBM
“Melati” Kec. Botumoito SETARA
KELAS : VII SMP/MTS
MATA PELAJARAN :
Ilmu Pengetahuan Sosial SEMESTER : 2 (Dua)
TINGKATAN/DERAJAT :
III/TRAMPIL 1 TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
Standar Kompetensi : 4. Memahami Usaha Manusia Untuk
Mengenali Perkembangan Lingkungannya
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
4.1 Menggunakan
peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
|
-
Mengidentifikasi jenis, bentuk
dan pemanfaatan peta dan globe
-
Menjelaskan atlas dan globe
-
Mengidentifikasi informasi
geografis dari peta,atlas dan globe
|
Peta,
Atlas dan Globe
|
· Mengkaji
tentang peta, atlas dan globe
|
2 jam
|
-
|
|
-
Tes tulis
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
|
-
Sebutkan tiga bentuk peta di
lihat dari bentuknya
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang
relevan
-
Peta/Atlas dan
Globe
|
4.2 Membuat
sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
|
-
Mendeskripsikan peta sketsa,
prosedur/tahapan membuat peta.
-
Mengidentifikasi syarat-syarat
pembuatan peta
-
Menjelaskan cara memperbesar
dan memperkecil peta
|
Sketsa
dan Peta Wilayah
|
· Mengkaji
tentang peta sketsa, prosedur/tahapan syarat-syarat, cara memperbesar dan
memperkecil
|
2 jam
|
-
|
-
|
Tes
tulis
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
|
-
Pembuatan peta sketsa
memerlukan data yang diambil secara langsung dari lapangan, data tesebut
disebut data ….
|
|
4.3 Mendeskripsikan
kondisi geografis dan penduduk
|
-
Mendeskripsikan kondisi fisik
wilayah Indonesia ditinjau dari letak geografis dan letak astronomis
-
Mendeskripsikan kondisi fisik
wilayah Indonesia ditinjau dari kondisi sosial budaya Indonesia
|
Kondisi
Fisik dan Wilayah Indonesia
|
· Mengkaji
tentang kondisi fisik wilayah Indonesia
|
2 jam
|
-
|
-
|
Tes
tulis
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
|
-
Sebutkan faktor-faktor
geografis dan nongeografis yang mempengaruhi perbedaan tata kehidupan sosial
dan budaya Indonesia
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
4.4 Mendeskripsikan
gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampak terhadap kehidupan
|
-
Menjelaskan pengertian lapisan
atmosfer
-
Menjelaskan struktur atmosfer
-
Menjelaskan pengaruh gejala
atmosfer terhadap kehidupan
-
Menjelaskan bagian-bagian dan
manfaatnya siklus air yang menjadi akibat terjadinya gejala hidrosfer
-
Mengklasifikasi siklus air di
bumi berdasarkan wilayah laut
-
Menjelaskan masing-masing
klasifikasi siklus air di bumi berdasarkan wilayah laut.
|
Gejala Atmosfer dan Hidrosfer
|
· Mengkaji
tentang gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer
|
-
|
2 jam
|
-
|
Tes tulis
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
|
Mengapa gas-gas yang terdapat pada lapisan
atmosfer sangat penting bagi kelangsungan hidup organism? Jelaskan!
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang
relevan
|
Standar Kompetensi : 5. Memahami Perkembangan
Masyarakat Sejak Masa Hindu Budha sampai Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
5.1 Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha
serta peninggalan-peninggalannya
|
-
Mendeskripsikan masuk dan
berkembangnya agama Hindu-Budha di Indonesia
-
Menunjukkan pada peta
daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu-Budha di Indonesia
-
Menyusun kronologis
perkembangan kerajaan Hindu-Budha ke berbagai wilayah di Indonesia
-
Mengidentifikasi dan memberikan
contoh-contoh peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu-Budha di berbagai
daerah
|
Perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha di
As-Sel, As-Tim dan As-Tengg serta persebarannya diberbagai daerah
|
· Mengkaji
referensi tentang agama Hindu-Budha
· Mengamati
peta jalur perdagangan dan penyebaran pengaruh agama Hindu-Budha
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
Asal-usul agama Hindu-Budha bersumber dari …
a. Tradisi
dan ajaran kitab weda
b. Pengalaman
spiritual bangsa Dravida
c. Perpaduan
kebudayaan Arya dan Dravida
d. Alam
pikuran dan tradisi Tripika
|
-
Modul IPS Paket B Tingk. III
Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas
2009.
-
Buku IPS yang relevan
-
Atlas sejarah
-
Gambar peninggalan Hindu-Budha
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
5.2 Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia serta
peninggalan-peninggalannya
|
-
Melacak proses masuk dan
berkembangnya agama Islam ke Indonesia
-
Mendeskripsikan saluran-saluran
Islamisasi di Indonesia
-
Menjelaskan cara yang digunakan
oleh wali Songo/Ulama lain menyebarkan Islam.
-
Membaca dan membuat peta jalur
dan daerah penyebaran Islam di Indonesia
-
Menyusun kronologi perkembangan
Kerajaan Islam diberbagai wilayah Indonesia
-
Mengidentifikasi dan memberikan
contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam diberbagai daerah
|
Perkembangan pengaruh Islam di Indonesia
|
· Mengkaji
buku referensi perkembangan Islam di Indonesia
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
Kerajaan Islam pertama kali berdiri Indonesia
yaitu …
a. Kesultanan
Perlak
b. Kesultanan
Deli
c. Kesultanan
Samudra Pasai
d. Kesultanan
Deli
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang
relevan
-
Gambar Islam
-
Atlas sejarah
|
5.3 Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa colonial Eropa
|
-
Menjelaskan posisi Indonesia
dalam jalur perdagangan dan pelayaran Asia-Eropa
-
Mendeskripsikan kedatangan
bangsa barat dan perubahan jalur perdagangan
-
Mendeskripsikan perkembangan
kolonialisme barat dan beberapa perubahan di Indonesia
|
Perkembangan masyarakat kebudayaan dan
pemerintahan pada masa colonial Eropa
|
· Membaca
buku modul tentang posisi Indonesia dalam jalur perdagangan dan pelayaran
Asia-Eropa
· Membaca
modul tentang kedatangan bangsa Barat dan perubahan jalur perdagangan
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
Jalur perdagangan yang melalui selat Malaka dan
pantai barat Sumatra akan bertemu di …..
a. Pelabuhan
Sunda Kelapa
b. Ujung
Kulon
c. Selat
Sunda
d. Laut
Indonesia
|
Standar Kompetensi : 6. Memahami Kegiatan
Ekonomi Masyarakat
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
6.1 Mendeskripsikan
pola kegiatan ekonomi penduduk penggunaan lahan dan pemukiman berdasar
kondisi fisik permukaan bumi
|
-
Mengidentifikasi mata
pencaharian penduduk (pertanian dan non pertanian)
-
Mendeskripsikan bentuk
penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan
-
Mendesripsikan pola permukiman
penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai)
-
Mendeskripsikan persebaran
permukiman penduduk diberbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk
bermukim di lokasi tersebut
-
Mendeskripsikan bentang lahan
dengan persebaran pemukiman penduduk
|
Penggunaan lahan dan permukiman penduduk
|
· Mengkaji
tentang penggunaan dan permukiman penduduk
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
Sawah yang pengairannya bergantung pada hujan
disebut ….
a. Sawah
lebak
b. Sawah
pasang surut
c. Sawah
tadah hujan
d. Sawah irigasi
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang
relevan
|
6.2 Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan
distribusi barang dan jasa
|
-
Mendefinisikan pengertian
macam-macam kegiatan ekonomi
-
Mengidentifikasi hubungan
antara konsumen, produksi dan distribusi
-
Mendeskripsikan kegiatan
produksi barang dan jasa
-
Mendeskripsikan konsumsi barang
dan jasa
-
Mendeskripsikan konsumsi barang
dan jasa
-
Mendeskripsikan kegiatan
distribusi barang dan jasa
|
Proses ekonomi, proses kegiatan ekonomi hubungan
antara konsumen, produksi dan distribusi
|
· Mengkaji
modul tentang proses pokok ekonomi
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
Mengapa manusia harus melakukan produksi?
Jelaskan!
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
6.3 Mendeskripsikan
usaha termasuk koperasi sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam
kaitannya dengan pelaku ekonomi
|
-
Mendeskripsikan macam-macam
badan usaha
-
Mengidentifikasi beberapa
pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam bisnis
-
Mengidentifikasi badan usaha
yang dikelola secara professional dan manusiawi
-
Mendeskripsikan peranan
pemerintah sebagai pelaku dan pengatur ekonomi
|
Peranan Badan Usaha termasuk koperasi sebagai
tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
|
· Mengkaji
buku modul tentang peran Badan Usaha
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
Sebutkan macam-macam badan usaha
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang
relevan
|
6.4 Mengungkapkan
gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan
kesejahteraan
|
-
Mendefinisikan pengertian
kreatif dan proses kreatif dalam tindakan ekonomi
-
Mendefinisikan pengertian
inovatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong
peningkatan kesejahteraan
|
Kreativias dalam kehidupan manusia
|
· Mengkaji
tentang kreatiftas dalam kehidupan manusia
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG’
-
Uraian
|
Apa yang dimaksud dengan kreatifitas? Jelaskan!
|
Mengetahui Botumoito,
…………………………………..
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar