RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPS
Tingkat/ Derajat : III / Terampil 1
Standar Komptensi : 1. Memahami Permasalahan Social Berkaitan dengan
Pertumbuhan Jumlah Penduduk.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik Wilayah dan Penduduk.
Indikator : 1. Menujukkan letak Geografi (posisi geografis dan letak
geografis) Indonesia.
2. Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
3. Mengindentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
Alokasi Waktu : 2 X 40 Mnt = 80 Mnt (Tatap Muka, Tutorial, Mandiri)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan gambar, peta dan membaca literature WB dapat :
· Menunjukan letak geografis (posisi geografis, letak gografis)
· Menganalsis hubungan posisi geografis dengan perhubungan musim di Indonesia
· Mendeskripsikan penyebab terjadinya perubahan musim hujan dan musim kemarau di wilayah indonesia.
B. Materi Pokok/Pembelajaran
1. letak gografis Indonesia
2. hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
3. angin musom di Indonesia
4. perubahan musim di Indonesia
5. menentukan bulan berlangsungnya musim penghujan dan musim kemarau
C. Metode Pembelajaran
· Metode
Ceramah
Tanya jawab
Tugas
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
a. Apersepsi
b. Tutor memotifasi Warga Belajar
Kegiatan inti
a. Tutor menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b. Tutor menyajikan materi sebagai pengantar
c. Tutor menunjukan/ memperlihatkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi
Kegiatan akhir (penutup)
a. Memberi penguatan tentang materi hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di indonesia
b. Warga Belajar dan Tutor membuat kesimpulan tentang materi yang baru di ajarkan
c. Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Kurikulum
2. Buku: Mulyadi 2004 Pengetahuan Sosial Geografi untuk SMP VII Semarang Aneka Ilmu
3. Buku IPS Geografis yang relevan
F. Penilaian
- Penilaian Tes Tertulis/Tes Lisan
NO | NAMA WARGA BELAJAR | ASPEK YANG DINILAI | JUMLAH | |||
KEAKTIFAN | KERJASAMA | PRESENTASE | BERTANYA | |||
| | | | | | |
| | | | | | |
Mengetahui : Botumoito, Januari 2008
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran,
MAHFUDH A. ALAUDDIN, S.Ag Dra. DELIANA BRAHIM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPS
Tingkat/ Derajat : III / Terampil 1
Standar Komptensi : 1. Memahami Permasalahan Social Berkaitan dengan
Pertumbuhan Jumlah Penduduk.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik Wilayah dan Penduduk.
Indikator : 1. Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia, serta
kaitan dengan pembagian Wilayah wallacea dan weber.
Alokasi Waktu : 2 X 40 Mnt = 80 Mnt (Tatap Muka, Tutorial, Mandiri)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan gambar, peta dan membaca literature WB dapat :
· Mengidentifikasi persebaran flora di Indonesia
· Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora di Indonesia
· Mengidentifikasi usaha-usaha melestarikan flora di Indonesia
· Mengidentifikasi jenis fauna Asiastis, fauna peralihan dan fauna Australis
· Menunjukkan garis Wallacea dan Weber yang membatasi fauna asiastis dan fauna peralihan.
· Membedakan Fauna Asiastis dan Fauna Australis.
· Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi persebaran Fauna Indonesia
B. Materi Pokok/Pembelajaran
1. Flora dan Fauna di Indonesia
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora di Indonesia
3. Usaha-usaha melestarikan Flora di Indonesia
4. Faktor yang menpengaruhi persebaran Fauna di Indonesia
5. Usaha-usaha Melestarikan fauna di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Tugas
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
a. Apersepsi
b. Tutor memotifasi Warga Belajar
Kegiatan inti
a. Tutor menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b. Tutor menyajikan materi sebagai pengantar
c. Tutor menunjukan/ memperlihatkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi
Kegiatan akhir (penutup)
a. Memberi penguatan tentang materi Flora dan Fauna di indonesia
b. Warga Belajar dan Tutor membuat kesimpulan tentang materi yang baru di ajarkan
c. Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Alat dan Sumber Belajar
· Kurikulum
· Buku: Mulyadi 2004 Pengetahuan Sosial Geografi untuk SMP VII Semarang Aneka Ilmu
· Buku IPS Geografis yang relevan
F. Penilaian
- Penilaian Tes Tertulis/Tes Lisan
NO | NAMA WARGA BELAJAR | ASPEK YANG DINILAI | JUMLAH | |||
KEAKTIFAN | KERJASAMA | PRESENTASE | BERTANYA | |||
| | | | | | |
| | | | | | |
Mengetahui : Botumoito, Januari 2008
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran,
MAHFUDH A. ALAUDDIN, S.Ag Dra. DELIANA BRAHIM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPS
Tingkat/ Derajat : III / Terampil 1
Standar Komptensi : 1. Memahami Permasalahan Social Berkaitan dengan
Pertumbuhan Jumlah Penduduk.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik Wilayah dan Penduduk.
Indikator : 1. Mendeskripsikan persebaran jenis-jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 X 40 Mnt = 80 Mnt (Tatap Muka, Tutorial, Mandiri)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan gambar, peta dan membaca literature WB dapat :
· Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi jenis tanah
· Mengidentifikasi jenis-jenis tanah di Indonesia
· Mengidentifikasi jenis tanah yang subur dan jenis tanah yang tidak subur
· Mendeskripsikan usaha-usaha menjaga kesuburan tanah.
B. Materi Pokok/Pembelajaran
1. Persebaran tanah di Indonesia
2. Jenis tanah di Indonesia
3. Menjaga kesuburan tanah.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Tugas
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
a. Apersepsi : Tutor Mengajukan pertanyaan tentang pengertian tanah dan manfaat tanah
b. Tutor menyampaikan manfaat mempelajari tanah bagi kehidupan manusia
Kegiatan inti
a. Tutor menyiapkan sebuah tongkat
b. Tutor menyajikan materi pokok yang akan di pelajari
c. Tutor menugaskan warga belajar untuk membaca buku dan membuat rangkuman materi
d. Melakukan Tanya jawab tentang jenis tanah, perbedaan tanah yang subur dan tanah yang tidak subur serta upaya menjaga kesuburan tanah
e. Tutur memberi kuis kepada seluruh warga belajar
Kegiatan akhir (penutup)
a. Memberi penguatan tentang hasil Tanya jawab yang baru saja dilakukan.
b. Warga Belajar dan Tutor membuat kesimpulan tentang materi yang baru di ajarkan
c. Reflaksi, Warga menyampaikan kesan tentang perlunya menjaga kesuburan tanah.
d. Penilaian.
E. Alat dan Sumber Belajar
· Buku: Mulyadi 2004 Pengetahuan Sosial Geografi untuk SMP VII Semarang Aneka Ilmu
· Buku IPS Geografis yang relevan
F. Penilaian
- Penilaian Tes Tertulis/Tes Lisan
NO | NAMA WARGA BELAJAR | ASPEK YANG DINILAI | JUMLAH | |||
KEAKTIFAN | KERJASAMA | PRESENTASE | BERTANYA | |||
| | | | | | |
| | | | | | |
Mengetahui : Botumoito, Januari 2008
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran,
MAHFUDH A. ALAUDDIN, S.Ag Dra. DELIANA BRAHIM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPS
Tingkat/ Derajat : III / Terampil 1
Standar Komptensi : 1. Memahami Kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik Wilayah dan Penduduk.
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian, fungsi dan peranan pasar bagi masyarakat
2. Mengidentifikasi syarat-syarat pasar
Alokasi Waktu : 2 X 40 Mnt = 80 Mnt (Tatap Muka, Tutorial, Mandiri)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan gambar, peta dan membaca literature WB dapat :
· Mengidentifikasi cirri-ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya.
B. Materi Pokok/Pembelajaran
* Perbedaan pasar konkrit dan pasar abstrak
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi
Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
a. Tutor mengecek kehadiran warga belajar
b. Apersepsi :
* Semua masyarakat sangat memerlukan keberadaan pasar
* Dengan melakukan jual beli, pasar dapat meningkatkan taraf hidup/kesejahteraan masyarakat
c. Motivasi : Tutor mengarahkan dan menarik simpati warga belajar dengan mengajukan pertanyaan:
Apakah semua pedagang di pasar mendapat keuntungan
Apa saja yang dilakukan penjual dan pembeli di pasar
d. Tutor menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
a. Tutor menyiapkan sebuah tongkat
b. Tutor menyajikan materi pokok yang akan di pelajari
c. Tutor menugaskan warga belajar untuk membaca buku dan membuat rangkuman materi
d. Tutor mengambil tongkat sambil menyanyikan lagu pasar minggu dan memberikan kepada warga belajar, bagi warga belajar yang memegang tongkat tersebut di saat lagu berhenti wajib menjawab pertanyaan yang diberikan. Demikian seterusnya sampai sebagian besar WB mendapat bagian menjawab pertanyaan dan menguasai materi yang diajarkan.
e. Tutur memberi kuis kepada seluruh warga belajar
Kegiatan akhir (penutup)
a. Memberi penguatan tentang materi hubungan posisi geografis, dengan perubahan musim di Indonesia.
b. Warga Belajar dan Tutor membuat kesimpulan tentang materi yang baru di ajarkan
c. Reflaksi.
d. Penilaian.
E. Alat dan Sumber Belajar
· Buku: Mulyadi 2004 Pengetahuan Sosial Geografi untuk SMP VII Semarang Aneka Ilmu
· Buku IPS Geografis yang relevan
F. Penilaian
- Penilaian Tes Tertulis/Tes Lisan
NO | NAMA WARGA BELAJAR | ASPEK YANG DINILAI | JUMLAH | |||
KEAKTIFAN | KERJASAMA | PRESENTASE | BERTANYA | |||
| | | | | | |
| | | | | | |
Mengetahui : Botumoito, Januari 2008
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran,
MAHFUDH A. ALAUDDIN, S.Ag Dra. DELIANA BRAHIM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPS
Tingkat/ Derajat : III / Terampil 1
Standar Komptensi : 1. Memahami Kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar : - Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Indikator : Mendemonstrasikan kegiatan jual beli di suatu pasar
Alokasi Waktu : 2 X 40 Mnt = 80 Mnt (Tatap Muka, Tutorial, Mandiri)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan gambar, peta dan membaca literature WB dapat :
· Mengidentifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing
B. Materi Pokok/Pembelajaran
· Macam-macam pasar beserta contohnya.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi
Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
a. Tutor mengecek kehadiran warga belajar
b. Apersepsi : Menggali informasi awal melalui beberapa pertanyaan
* Pengertian pasar
* Manfaat pasar bagi pasar
c. Motivasi : dilakukan dengan mengajukan pertanyaan:
Apakah kamu pernah mengunjungi supermarket
Sebutkan nama-nama pasar yang kamu ketahui
Apakah di Indonesia ada bursa efek. Jelaskan
d. Tutor menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
a. Tutor menyiapkan sebuah tongkat
b. Tutor menyajikan materi pokok yang akan di pelajari
c. Tutor menugaskan warga belajar untuk membaca buku dan membuat rangkuman materi
d. Tutor mengambil tongkat sambil menyanyikan lagu pasar minggu dan memberikan kepada warga belajar, bagi warga belajar yang memegang tongkat tersebut di saat lagu berhenti wajib menjawab pertanyaan yang diberikan. Demikian seterusnya sampai sebagian besar WB mendapat bagian menjawab pertanyaan dan menguasai materi yang diajarkan.
Kegiatan akhir (penutup)
a. Memberi penguatan tentang materi hubungan posisi geografis, dengan perubahan musim di Indonesia.
b. Warga Belajar dan Tutor membuat kesimpulan tentang materi yang baru di ajarkan
c. Reflaksi.
d. Penilaian.
E. Alat dan Sumber Belajar
· Buku: Mulyadi 2004 Pengetahuan Sosial Geografi untuk SMP VII Semarang Aneka Ilmu
· Buku IPS Geografis yang relevan
F. Penilaian
- Penilaian Tes Tertulis / Tes Lisan
NO | NAMA WARGA BELAJAR | ASPEK YANG DINILAI | JUMLAH | |||
KEAKTIFAN | KERJASAMA | PRESENTASE | BERTANYA | |||
| | | | | | |
| | | | | | |
Mengetahui : Botumoito, Januari 2008
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran,
MAHFUDH A. ALAUDDIN, S.Ag Dra. DELIANA BRAHIM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPS
Tingkat/ Derajat : III / Terampil 1
Standar Komptensi : 1. Memahami Kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar : - Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Indikator : Mengidentifikasi cirri-ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-
contohnya.
Alokasi Waktu : 2 X 40 Mnt = 80 Mnt (Tatap Muka, Tutorial, Mandiri)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan gambar, peta dan membaca literature WB dapat :
· Mengidentifikasi cirri-ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya
B. Materi Pokok/Pembelajaran
· Perbedaan pasar konkrit dan pasar abstrak.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar