SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SATUAN
PENDIDIKAN : PKBM “Melati” Kec.
Botumoito SETARA
KELAS : IX SMP/MTS
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA SEMESTER : 5 (Lima)
TINGKATAN/DERAJAT : III/TRAMPIL 2 TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 1. Memahami sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar serta menggunaanya dalam pemecahan masalah sederhana
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
1.1
Mengindetifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
· Menjelaskan pengertian
bilangan bulat positif, negarit dan nol
|
Bilangan
Berpangkat dan Bentuk Akar
|
· Mendiskusikan pengertian
bilangan berpangkat bulat positif, negatif dan nol
|
1 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
1.
8-2 = …..
2.
250 = …..
3.
(-3)4 = ….
4.
(-6)-2 = …..
5.
( 2 )2 = ….
3
|
Modul
matematika Paket B Kelas IX
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Mengubah bilangan
berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif
|
|
· Mendiskusikan untuk
menentukan bilangan berpangkat positif dari bilangan berpangkat negatif
|
1 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Ubahlah
menjadi bilangan berpangkat positif :
1.
5-4 = ……
2.
(-3) = ……
3.
( 3 )-2 = …..
4
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Mengenal arti bilangan
berpangkat pecahan dan bentuk akar
|
|
· Mendiskusian arti bilangan
berpangkat pecahan dan bentuk akar
|
1 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
1.
Ubahlah dalam bentuk akar 61/2
= ……
2.
Ubahlah menjadi pangkat
3Ö 27 pecahan = …..
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
1.2
Melakukan operasi aljabar yangmelibatkan bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar
|
· Menyelesaikan operasi
tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar
|
Bilangan
Berpangkat dan Bentuk Akar
|
· Menentukan hasil operasi tambah,
kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan
bentuk akar
|
|
2 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hitunglah !
a.
35 x 32
b.
54
52
c.
3Ö5
+ 6Ö5
d.
4Ö3
x 8Ö5
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
1.3
Memecahkan masalah sedrhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat
dan bentuk akar
|
· Menggunakan sifat-sifat
dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk memecahkan
masalah
|
Bilangan
Berpangkat dan Bentuk Akar
|
· Memecahkan masalah dengan
menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan
bentuk akar
|
|
2 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Missal sejenis amuba membelah diri setiap 2 menit sekali. Berapa banyak
amuba dalam waktu 30 menit ?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
ULANGAN HARIAN 1
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
2.2
Menentukan suku ke-n
barisan aritmatika dan barisan geombetir
|
· Mengenal pengertian
baraisan aritmatika dan barisan geometri
|
Barisan dan
Deret Aritmatika Barisan dan Deret Geometri
|
· Mendiskusikan pengertian
barisan aritmatika dan barisan geometri
|
1 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Pilihan Ganda
|
Manakah yang
merupakan barisan aritmatika ?
a.
1,3,5,7,9, ….
b.
1,2,4,5,7, ….
c.
1,4,6,8, ….
|
Modul
Matematika Paket B Kelas IX
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan
geometri
|
|
· Menemukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan
geometri dengan menggunakan alat peraga atau lingkungan, misal nomor urut
rumah di salah satu sisi jalan
|
1 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Suku ke-10
dari deret 2,5,8,11,14,….
adalah …..
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
2.3
Menentukan jumlah pertama deret aritmatika dan deret geometri
|
· Mengenal pengertian deret
aritmatika dan deret geometri naik atau turun
|
Barisan dan
Deret Aritmatika Barisan dan Deret Geometri
|
· Mencermati deret
aritmatika dan deret geometri naik atau turun
|
1 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Manakah yang
merupakan deret aritmatika ?
a.
3 + 6 + 9 + ….
b.
3 + 2 + 4 + 2 + …
c.
1 + 5 + 9 + 13 + …
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmatika dan
deret geometri
|
|
· Menemukan rumus jumlah ke n suku pertama deret aritmetika dan
deret geometri
|
|
2 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hitunglah
jumlah 10 suku pertama dari deret : 2 + 6 + 9 + 12
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6.
|
2.4
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
|
· Menggunakan sifat-sifat
dan rumus pada deret aritmatika dan deret geometri untuk memecahkan masalah
yang berkaitan dengan deret
|
Barisan dan
Deret Aritmatika Barisan dan Deret Geometri
|
· Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret dengan menggunukan rumus pada deret
aritmatika dan deret geometri
|
1 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Di sebuah
ruangan disusun kursi-kursi seperti berikut. Pada barisan pertama terdapat 5
kursi, barisan kedua 8 kursi, dan seterusnya. Berapa banyak kursi yang
dibutuhkan supaya bias
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
ULANGAN HARIAN 2
|
1 X 40’
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.
|
3.1
Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
|
· Mendiskusikan dua bangun
yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
|
Kesebangunan
|
· Mendiskusikan dua bangun
yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Bangun-bangun
manakah yang sebangun ? Mengapa ?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Mengidentifikasi dua
bangun datar sebangun atau kongruen
|
Kesebangunan
|
· Mengidentifikasi dua
bangun datar sebangun atau kongruen
|
2 x 40’
|
|
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Apakah kedua
bangun berikut ini kongruen? Mengapa ?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8.
|
3.2
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
|
· Membedakan pengertian
sebangun dan kongruen dua segitiga
|
Kesebangunan
|
· Mencermati perbecaan dua
segitiga sebangun atau kongruen
|
2 x 40’
|
|
|
tes lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Kalau DABC sebangun dengan DPQR, apakah
a.
Sisi-sisi yang bersesuaian sama
b.
Sudut-sudut yang bersesuaian sama kalau dua segitiga
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menyebutkan sigat-sifat
dua segitiga sebangun dan kongruen
|
|
· Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Diketahui DABC dan DPQR sebangun
Panjang
AB = Panjang
…..
Panjang
PQ =
Panjang …..
= Panjang …..
Panjang …..
sudut A = sudut …..
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9.
|
3.3
Menggunakan konsep kesebangunan segitia dalam pemecahan masalah
|
· Menentukan perbandingan
sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
|
Kesebangunan
|
· Mengamati perbandingan
sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
|
1 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
DABC sebangun dengan DPQR.
Panjang AB =
4 cm. sisi yang bersesuaian dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm.
jika
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Memecahkan masalah yang
melibatkan kesebangunan
|
|
· Menggunakan kesebangunan
untuk memecahkan masalah
|
1 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebuah foto
ukuran 3 x 4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut menjadi 60 cm.
kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto yang diperbersar
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
ULANGAN HARIAN 3
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10.
|
4.1
Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola
|
· Menyebutkan unsur-unsur;
jari-jari/diamameter, tinggi sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola
|
Tabung,
Kerucut Dan Bola
|
· Mendiskusikan unsur-unsur
tabung, kerucut dan bola dengan menggunakan model bangun ruang sisi lengkung
(model kerangka dan padat)
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
a.
Arsirlah alas kerucut
b.
Gambarlah tinggi kerucut
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11.
|
4.2
Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
· Menghitung luas selimut
tabung, kerucut dan bola
|
Tabung,
Kerucut dan Bola
|
· Menentukan luas selimut
tabung, kerucut dan bola
|
|
2 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebuah bola
berjari-jari alasnya 10 cm dan tinggi tabung 30 cm. berapakah volum tabung
tersebut?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menghitung volume tabung,
kerucut dan bola
|
|
· Mencari volume tabung,
kerucut, dan bola
|
|
2 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebuah
tabung jari-jari 10 cm dan tinggi tabung 30 cm. berapakah volume tabung
tersebut?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menghitung unsur-unsur
tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui
|
|
· Menggunakan rumus volume
untuk menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volume diketahui
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebuah
tabung volumenya 1540 cm3 . Berapakah jari-jari tabung tersebut?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12.
|
4.3
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
|
· Menggunakan rumus luas
selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung,
kerucut dan bola
|
Tabung,
Kurucut dan Bola
|
· Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola dengan menggunakan rumus luas dan
volume
|
|
2 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Pak Candra
akan membuat tabung dari kaleng, yang jari-jari alasnya sama dengan 30 cm dan
tingginya 1 m. kaleng yang diperlukan untuk membuat tabung tersebut sebanyak
…. cm2
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
ULANGAN HARIAN 4
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13.
|
5.1
menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta
penafsirannya
|
· mengumpulkan data denan
mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus.tally
|
Statistika
|
· melakukan pengumpulan data
dengan mengukur dan mencatat data (menurus/tally) dengan objek lingkungan
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Perolehan 12
siswa adalah sebagai berikut:
54, 66, 72,
76, 80, 72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76
Buatlah
tabel skor dengan turus!
|
MODUL
MATEMATIKA PAKET B KELAS IX
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Mengurutkan data tunggal,
mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data
|
|
· Mengidentifikasi data
berdasar urutan
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Umur 10
sisiwa SD adalah sebagai berikut :
6, 6, 10, 9,
7, 8, 10, 6, 8, 9
a.
Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang terkecil ke yang
terbesar
b.
Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menentukan rata-rata,
median, modus data tunggal serta penafsirannya
|
|
· Melakukan perhitungan
rata-rata, median, modus data tunggal serta menafsirkan maknanya
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hasil
ulangan 8 siswa adalah sebagai berikut :
7, 6, 6, 5,
7, 8, 8, 7
a.
Hitunglah rata-rata, median dan modus
b.
Apakah makna nilai rata-rata, median dan modus tersebut?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14.
|
5.2
Menyajikan data dalam bentuk table dan diagram batang, garis, dan
lingkaran
|
· Menyajikan data tunggal
dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran
|
Statistika
|
· Membuat tabel, diagram
batang, diagram garis, dan diagram lingkaran dari data tunggal
|
|
2 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Berikut ini
data umur 20 siswa SMP Bina Taruna (dalam tahun):
13, 14, 13,
16, 13, 14, 15, 16, 14, 13, 13, 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14.
Gambarlah
diagram batang dari data tersebut.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Membaca diagram suatu data
|
|
· Menafsirkan diagram suatu
data
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
1.
Sepak bola
2.
Renang
3.
Senam
4.
Voli
5.
Basket
Berapa
persen siswa yang hobinya main sepakbola?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
ULANGAN HARIAN 5
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
15.
|
6.1
Menentukan ruang sampel suatu percobaan
|
· Menjelaskan pengertian
ruang sampel, titik sampel suatu percobaan
|
Peluang
|
· Mendiskusikan pengertian
ruang sampel, dan titik sampel suatu percobaan
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
|
Kalau satu
mata uang dilambungkan satu kali, maka:
a.
Apa sajakah titik sampelnya?
b.
Apakah ruang sampelnya?
|
MODUL
MATEMATIKA PAKET B KELAS IX
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menentukan ruang sampel
suatu percobaan dengan mendata titik
sampelnya
|
|
· Mendiskusikan untuk
menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya
|
|
2 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Dua dadu
dilambungkan
a.
Titik sampelnya adalah …..
b.
Ruang sampelnya adalah …
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
16.
|
6.2
Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
|
· Menghitung peluang
masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan
|
|
· Menentukan peluang
masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan missal
melambungkan uang logam dadu
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
uraian
|
Sebuah dadu
dilambungkan satu kali. Peluang muncul mata 4 adalah …..
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menghitung nilai peluang
suatu kejadian
|
|
· Mencari nilai peluang
suatu kejadian
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Dua buah
dadu dilambungkan satu kali. A adalah kejadian muncul jumlah mata dadu sama
dengan 9. Berapakah peluang terjadinya peristiwa A?
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
ULANGAN HARIAN 6
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengetahui Botumoito,
…………………………………..
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar