SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SATUAN
PENDIDIKAN : PKBM “Melati” Kec.
Botumoito SETARA
KELAS : VIII SMP
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA SEMESTER : 4 (Empat)
TINGKATAN/DERAJAT : III/TRAMPIL I TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 7.
Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut,
serta menentukan ukurannya
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
|||||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||
1.
|
7.1
Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
|
· Menjelaskan kedudukan dua
garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda konkrit
|
Garis dan
Sudut
|
·
Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan kedudukan dua garis yang;
a.
Sejajar
b.
Berimpit
c.
Berpotongan
d.
bersilangan
|
Modul
matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
|
|||
|
|
· Mengenal satuan sudut yang
sering digunakan
|
|
·
Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Satuan sudut
yang sering digunakan adalah ….
|
|
|||
|
|
· Mengukur besar sudut
dengan busur derajat
· Menggambar sebuah sudut
dengan busur derajat
|
|
·
Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat
·
Menggambar sebuah sudut dengan menggunakan busur derajat
|
|
|
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Ukurlah dengan busur derajat besar sudut-sudut berikut ini:
a.
b.
2.
Gambarlah sudt-sudut di bawah ini dengan menggunakan busur derajat:
a.
ÐKLM = 250
b.
ÐPQR = 1730
|
|
|||
|
|
· Menjelaskan perbedaan
jenis sudut (siu-siku, lancip, tumpul)
|
|
·
Mendiskusikan jenis-jenis sudut
·
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan
garis dan besar sudut
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
perbedaan jenis sudut siku-siku, lancip dan tumpul
|
|
|||
2.
|
7.2
Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan
atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
|
· Menemukan sifat sudut jika
dua garis sejajar berpotongan garis ketiga (garis lain)
|
Garis dan
Sudut
|
·
Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis
dipotong garis lain
·
Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain
untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Perhatikan
gambar :
A
4
1
3
2
1 4
2
B
Gunakan busur derajat untuk mengukur semua sudut yang tampak pada
gambar.
Kesimpulan apa yang anda peroleh ?
|
|
|||
|
|
· Menggunakan sifat-sifat
sudut dan garis untuk menyelesaikan soal
|
|
·
Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi
jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Perhatikan
gambar :
C D
A B E
|
|
|||
3.
|
7.3
Melukis sudut
|
· Melukis sudut yang
besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka
|
Garis dan
Sudut
|
·
Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat
·
Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Diketahui
sebuah sudut seperti tampak pada gambar berikut :
Lukislah
sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar!
|
|
|||
|
|
· Melukis sudut 600
dan 900
|
|
·
Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut 600
dan 900
·
Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris
berbentuk segitiga siku-siku
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Perhatikan
gambar berikut :
Dengan
penggaris dan jangka bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama
besar
|
|
|||
|
|
· Melukis sudut 300,
450, 1200 dan 1500
|
|
·
Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300, 450, 1200
dan 1500
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Dengan
penggaris dan jangka lukislah sudut yang besarnya :
|
|
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 8.
Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.
|
8.1
Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
|
· Menjelaskan jenis-jenis
segitiga berdasarkan sisi-sisinya
|
Segiempat
dan Segitiga
|
·
Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan
menggunakan model segitga
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
jenis-jenis segitiga berdasarkan ukuran panjang sisinya
|
Modul
matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
|
|
|
· Menjelaskan jenis-jenis
segita berdasarkan besar sudutnya
|
|
·
Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan
menggunakan model segitiga
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudut-sudutnya
|
|
|
8.2
Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapezium,
jajaran genjang, belah ketupat dan layang-layang
|
· Menjelaskan pengertian
jajaran genjang, persegi panjang, persegi, belah ketupat, trapezium dan
layang-layang menurut sifatnya
|
Segi empat
dan segitiga
|
·
Menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajaran
genjang, persegi, persegi panjang belah ketupat, trapezium dan layang-layang
menurut sifatnya
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Lihatlah di
seluruh ruang kelasmu!
a.
Benda-benda manakah yang berbentuk persegi? Jelaskan!
b.
Benda-benda manakah yang berbentuk persegipanjang? Jelaskan!
|
|
|
|
· Menjelaskan sifat-sifat
segiempat ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya
|
|
·
Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi dan
sudutnya
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
sifat persegi panjang dengan memperhatikan ukuran sisi, besar sudut dan
panjang diagonalnya!
|
|
3.
|
8.3
Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
· Menurunkan rumus luas
bangun segitiga dan segiempat
|
|
·
Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan
petak-petak(satuan luas)
·
Menemukan luas segitiga denan menggunakan luas persegi panjang
·
Menemukan luas jajaran genjang, trapezium, layang-layang, dan belah
ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas perseg atau persegi panjang
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
D C
A
D
Luas persgi
panjang ABCD adalah ….
|
|
|
|
· Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat
|
|
·
Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat
untuk menyelesaikan masalah
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Pak Surya
mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75
km. kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 8 m satu dengan
yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan Pak Surya?
|
|
4.
|
8.4
Melukis segitiga, garis tinggi garis bagi, garis berat dan garis
sumbu
|
· Melukis segitiga yang
diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua
sudut
|
Segitiga
|
·
Menggunakan penggaris jangka dan busur untuk melukis segitiga jika
diketahui:
-
Ketiga sisinya
-
Dua sisi dan satu sudut apitnya
-
Satu sisi dan dua sudut
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Lukislah
sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm, 3 cm dan 1,5 cm
|
|
|
|
· Melukis segitiga sama sisi
dan segitiga samakaki
|
|
·
Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan
penggaris, jangka dan busur derajat
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Lukislah
sebuah segitiga ABC dengan panjang AC = BC = 3 cm
|
|
|
|
· Melukis garis tinggi,
garis bagi, garis berat dan garis sumbu
|
|
·
Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis garis sumbu, garis
bagi, garis berat dan garis tinggi suatu segitiga
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Lukislah
ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian
dapatkan ?
|
|
SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SATUAN
PENDIDIKAN : PKBM “Melati” Kec.
Botumoito SETARA
KELAS : VIII SMP
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA SEMESTER : 4 (empat)
TINGKATAN/DERAJAT : III/TRAMPIL I TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 9.
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
|||||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||
1.
|
9.1
Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
|
· Menemukan Teorema
Pytagoras
|
Teorem
Pythagoras
|
·
Menemukan Teorem Pythagoras dengan menggunakan bangun datar persegi
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Perhatikan
gambar berikut :
c a
b
Nyatakan
hubungan antara a, b, dan c
|
Modul
matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
Kertas
berpetak, model Pythagoras
|
|||
|
|
· Menghitung panjang sisi
segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui
|
|
·
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Pada D ABC yang siku-siku di A diketahui bahwa
panjang sisi AB = 25 cm dan panjang sisi BC = 25 cm. hitunglah panjang sisi
AC !
|
|
|||
|
|
· Menghitung perbandingan
sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450,
600)
|
|
·
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut
istimewa
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Segitiga PQR
siku-siku di Q. bila besar sudut P = 30 0 dan panjang PR = 10 cm.
hitunglah panjang sisi PQ dan QP
|
|
|||
2.
|
9.2
Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema
Pythagoras
|
· Menghitung panjang
diagonal pada bangun datar, missal persegi, persegi panjang, belah ketupat,
dsb
|
Teorema
Pythagoras
|
·
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal,
sisi pada bangun datar. Missal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Persegi
panjang KLMN mempunyai panjang KL = 7 cm dan MN = 24 cm. hitunglah panjang
diagonal KN !
|
|
GEOMETRI DAN
PENGUKURAN
Standar Kompetensi :
10. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
|||||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||
1.
|
10.1Menentukan unsur-unsur dan bagian-bagian
lingkaran
|
· Menyebutkan unsur-unsur
dan bagian-bagian lingkaran; pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur,
talibusur, juring dan tembereng
|
Lingkaran
|
·
Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan
menggunakan model
|
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Perhatikan
gambar berikut :
A
B
O C
D
1.
Disebut apakah garis AC?
2.
Disebut apakah garis lengkung ABC?
3.
Disebut apakah daerah arsiran OCD?
4.
Disebut apakah daerah arsiran ABC?
|
Modul
matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
Kertas
berpetak, model Pythagoras
|
|||
2.
|
10.2Menghitung keliling dan luas lingkaran
|
· Menemukan nilai pendekatan
phi
· Menemukan nilai phi
|
Lingkaran
|
·
Menyimpulkan nilai phi dengan menggunakan benda yang berbentuk
lingkaran
|
|
|
|
Tes unjuk kerja
|
Uraian
|
Ukurlah keliling (K) dan diameter (d) dari
beberapa benda yang berbentuk lingkaran! Kemudian hitunglah hasi dari K !
d
bilangan berapakah yang didekati oleh hasil
pembagian tadi?
|
|
|||
|
|
· Menentukan rumus keliling
dan luas lingkaran
|
|
·
Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat
peraga
|
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Lengkapilah :
a.
Rumus keliling lingkaran yang berjari-jari p adalah ….
b.
Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari q !
|
|
|||
|
|
· Menghitung keliling dan
luas lingkaran
|
|
·
Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Hitunglah luas lingkaran jika
ukuran jari-jari 14 cm dengan p = 22 !
7
2.
Hitunglah keliling lingkaran jika diameternya 20 cm
dengan p = 3,14 !
|
|
|||
3.
|
10.3Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang
busur, luas juring dalam pemecahan masalah
|
· Mengenal hubungan sudut
pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
|
Lingkaran
|
·
Mengamati hubungan sudut pusat
dan sudut keliling yang menghadapt busur yang sama
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Perhatikan gambar :
Bila B pusat lingkaran, maka bagaimana hubungan antara sudut ABC dengan
sudut ADC
|
|
|||
|
|
· Menentukan besar sudut
keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama
|
|
·
Menghitung besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur
yang sama
|
|
|
|
Tes lisan
|
Isian
|
Lengkapilah :
a.
Besar sudut keliling jika menghadap diameter
lingkaran adalah ….
b.
Besar sudut-sudut keliling yang menghadap busur sama
adalah ….
|
|
|||
|
|
· Menentukan panjang busur,
luas juring dan luas tembereng
|
|
·
Menghitung panjang busur, luas juring dan temberng
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Di dalam lingkaran dengan jari-jari 10cm, terdapat sudut pusat AOB
sebesar 720.( p = 3,14)
Hitunglah :
a.
Panjang busur AB;
b.
Luas juring OAB;
|
|
|||
|
|
· Menggunakan hubungan sudut
pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
|
|
·
Menemukan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak
tersebut harus minum ¼ tablet itu dan ternyata jari-jari tabel 0,35
cm.berapakah luas salah satu permukaan tablet yang ia minum?
(p = 22 )
7
|
|
|||
4.
|
10.4Menghitung panjang garis singgung
persekutuan dua lingkaran
|
· Menemukan sifat sudut yang
dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat
|
Lingkaran
|
·
Mengamati sifat sudut yang dibentuk
oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uarian
|
Perhatikan gambar !
Berapakah besar sudut R?
Mengapa ?
|
|
|||
|
|
· Mengenali garis singgung
persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran
|
|
·
Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua
lingkaran
|
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Perhatikan gambar!
P
C Q
D
Jika C, D, P dan Q adalah tiitik singgungm maka:
a.
Garis PQ pada gambar di atas disebut ….
b.
Garis CD pada gambar di atas disebut …..
|
|
|||
|
|
· Menentukan panjang garis
singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar
|
|
·
Menghitung panjang garis singgung persekutuan alam dan persekutuan
luar dua lingkaran
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7 cm dan 1 cm. jika jarak
antara titik pusatnya 10 cm, berapakah panjang garis singgung :
a.
Persekutuan dalam
b.
Persekutuan luar
|
|
|||
5.
|
10.5Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar
suatu segitiga
|
· Melukis lingkaan dalam dan
lingkaran luar segitiga
|
Lingkaran
|
·
Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis lingkaran dalam dan
lingkaran luar segitiga
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Diketahui D ABC
dengan panjang AB = 6 cm, AC = 5 cm dan BC = 4 cm. Dengan menggunakan jangka
dan penggaris, lukislah :
a.
Lingkaran dalamnya
b.
Lingkaran luarnya
|
|
GEOMETRI DAN
PENGUKURAN
Standar Kompetensi :
11. Memahmi sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya serta
menentukan ukurannya
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.
|
11.1Mengidentifiaksi sifat-sifat kubus, balok
prisma dan limas serta bagian-bagiannya
|
· Menyebutkan unsur-unsur
kubus, balok, prisma dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang sisi,
diagonal ruang, bidang diagonal
|
Kubus,
balok, prisma tegak, limas
|
·
Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas dengan
menggunakan model
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
R W
T
U
R S
P Q
Perhatikan
balok PQRS–TUVW
a.
Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya
b.
Sebutkan diagonal ruangnya
c.
Sebutkan bidang alas dan atasnya
|
Modul
matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
|
2.
|
11.2Membuat jarring-jaring kubus, balok, prisma
dan limas
|
· Membuat jarring-jaring :
-
Kubus
-
Balok
-
Prisma tegak
-
Limas
|
Kubus,
balok, prisma tegak, limas
|
·
Merancang jarring-jaring
-
Kubus
-
Balok
-
Prisma tegak
-
Limas
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Buatlah model balok menggunakan karton manila
|
|
|
11.3Menghitung luas permukaan dan volume kubus,
balok, prisma dan limas
|
· Menemukan rumus luas
permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
|
Kubus,
balok, prisma tegak, limas
|
·
Mencari rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
4.
Sebutkan rumus luas permukaan kubus jika rusuknya x
cm
5.
Sebutkan rumus luas permukaan prisma yang alasnya
jajaran genjang dengan panjang alasnya a cm dan tingginya b cm. tinggi prisma
t cm
|
|
|
|
· Menghitung luas permukaan
kubus, balok, prisma dan limas
|
|
·
Menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok,
prisma dan limas
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Suatu prisma tegaj beralas segitiga sam sisi mempunyai panjang rusuk
alas 6 cm dan tingginya 8 cm. hitunglah luas permukaan prisma
|
|
|
|
· Menentukan rumus volum
kubus, balok, prisma dan limas
|
|
·
Mencari rumus volume kubus, balok, prisma dan limas
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan rumus volume:
a.
Kubus dengan panjang rusuk x cm
b.
Balok dengan panjang p cm, lebar l cm dan tiggi t cm
|
|
|
|
· Menghitung volume kubus,
balok prisma dan limas
|
|
·
Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma dan
limas
|
|
|
|
Tes tulis
|
Pilihan Ganda
|
Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9
cm. jika tinggi limas 8 cm maka volume limas :
|
|
Mengetahui Botumoito,
…………………………………..
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar