SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SATUAN PENDIDIKAN : PKBM
“Melati” Kec. Botumoito SETARA
KELAS : VIII SMP/MTS
MATA PELAJARAN :
Ilmu Pengetahuan Sosial SEMESTER : 1 (Satu)
TINGKATAN/DERAJAT :
III/TRAMPIL 1 TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
Standar Kompetensi : 7. Memahami Permasalahan Sosial
berkaitan dengan Pertumbuhan Jumlah Penduduk
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
7.1 Mendeskripsikan
fisik wilayah dan penduduk
|
-
Menunjukkan letak geografis
(posisi, geografis, letak geografis) Indonesia
-
Menganalisa hubungan posisi
geografis dengan perubahan musim di Indonesia
-
Mendeskripsikan wilaya daratan
Indonesia
-
Menyajikan informasi persebaran
flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian
walasea dan webwer
-
Mendeskripsikan persebaran
jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia
|
Permasalahan
sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
|
· Mengkaji
tentang permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
|
2 jam
|
-
|
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
|
-
Jelaskan dengan singkat
hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
|
-
Modul IPS Paket B Tingk. III
Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas
2009.
-
Buku IPS yang relevan
|
7.2 Mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya.
|
-
Mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan pertumbuhan)
-
Mendeskripsikan kondisi
penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduk.
-
Menghitung angka perbandingan
laki-laki perempuan dan beban ketergantungan
serta mengartikan angka tersebut
-
Mengartikan angka Usia Harapan
Hidup
-
Mendeskripsikan berbagai dampak
ledakan penduduk dan upaya mengatasinya
-
Mengidentifikasi jenis-jenis
migrasi dan faktor- penyebabnya
-
Menganalisis dampak positif
negatif migrasi serta usaha penanggulangannya
|
-
Permasalah kependudukan dan
upaya penanggulangannya
-
Dampak ledakan penduduk
|
· Mengkaji
tentang permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
· Mengkaji
modul tentang dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
-
Sebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan penduduk
-
Apa yang dimaksud dengan angka
usia harapan hidup
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang relevan
|
7.3 Mendeskripsikan
permasalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangan dalam pembangunan yang
berkelanjutan
|
-
Mengidentifikasi unsure-unsur
lingkungan *unsure a biotic, biotic sosial budaya)
-
Mengidentifikasi bentuk-bentuk
kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
-
Member contoh usaha pelestarian
lingkungan hidup
-
Menafsirkan hakekat pembangunan
yang berwawasan lingkungan
|
-
Permasalahan hidup dan upaya
penanggulangan
|
· Mengkaji
modul tentang permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
-
Sebutkan unsure-unsur
lingkungan abiotik, biotic, sosial budaya
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
Buku IPS yang relevan
|
7.4 Mendeskripsikan
permasalah kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
|
-
Menjelaskan permasalahan
kuatitas penduduk
-
Mengidentifikasi dampak
permasalahan penduduk terhadap pembangunan
|
-
Permasalahan kependudukan dan
dampaknya terhadap pembangunan
|
· Mengkaji
modul tentang permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
|
-
PG
-
Uraian
|
-
Sebutkan dampak permasalahan
penduduk terhadap pembangunan
|
Standar Kompetensi : 8. Memahami Proses Kebangkitan
Nasional
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
8.1 Menjelaskan
proses perkembangan kolonialisasi dan imperialism barat serta pengaruh yang
ditumbulkannya diberbagai daerah
|
-
Mendeskripsikan kedatangan
bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaan colonial
-
Mengidentifikasi perkembangan
kebijakan dan tindakan pemerintah colonial
-
Mendeskripsikan bentuk-bentuk
perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme barat diberbagai daerah
|
Perkembangan
kolonialisme dan imperialism barat serta pengaruh yang ditimbulkan di
berbagai daerah
|
· Mengkaji
modul tentang perkembangan kolonisalisme barat serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
|
2 jam
|
-
|
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
|
-
Jelaskan pengaruh yang
ditimbulkan oleh kebijakan pemerintah kolonialisme di berbagai daerah
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang
relevan
|
8.2 Menguraikan
proses terbentuknya kesadaran nasional, identigas Indonesia dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
-
Menjelaskan pengaruh perluasan
kekuasaan colonial, perkembangan pendidikan barat perkembangan Islam terhadap
munculnya nasionalisme Indonesia
-
Mendeskripsikan peranan
golongan terpelajar, professional dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran
nasional Indonesia
|
Proses
terbentuknya kesadaran nasional dan perkembangan pergerakan kebangsaan
Indonesia
|
· Mengkaji
tentang proses terbentuk kesadaran nasional, identitas Indonesia dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
-
Sebutkan contoh-contoh
organisasi kebangsaan yang bersifat etnis kedaerahan dan keagamaan
|
Standar Kompetensi : 9. Memahami Masalah Penyimpangan
Sosial
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
9.1 Mengidentifikasi
berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkobar,HIV/ Aids, PSK dsb sebagai
akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
-
Mengidentifikasi penyimpangan
sosial dalam keluarga dan masyarakat
-
Mengidentifikasi faktor-faktor
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
Pranata
sosial dalam kehidupan masyarakat
|
· Mengkaji
modul tentang pranata sosial, faktor-faktor penyimpangan sosial dalam
keluarga
|
2 jam
|
-
|
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Isian
-
Uraian
|
-
Berikut 2 contoh penyimpangan
sosial yang terjadi dalam keluarga
|
-
Modul IPS Paket B Tingk. III
Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas
2009.
-
Buku IPS yang relevan
|
9.2 Mengidentifikasi
berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
-
Mengidentifikasi upaya
pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat\
-
Mengidentifikasi sikap terhadap
perilaku penyimpangan sosial
|
Upaya
Pencegahan Penyimpangan Sosial
|
· Mengkaji
tentang upaya pencegahan penyimpangan sosial
|
2 jama
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
-
Jelaskan pengertian kelangkaan
|
Standar Kompetensi : 10. Memahami Kegiatan Pelaku
Ekonomi di Masyarakat
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
10.1Mendeskripsikan
hubungan antara kealngkaan sumber daya dengan kebutuhan yang tidak terbatas
|
-
Menjelaskan terjadinya arti
kealngkaan, kelangkaan dan faktor-faktor terjadinya kelangkaan
-
Mengidentifikasi usaha-usaha
mansuai dalam mengatasi kelangkaan
-
Mengidentifikasi arti dan jenis
kebutuhan
-
Mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam
|
Kelangkaan
SDE jenis-jenis kebutuhan, pengertian dan macam-macam alat kebutuhan
|
· Mengkaji
tentang kelangkaan SDE, jenis-jenis kebutuhan, pengertian dan macam-macam
alat kebutuhan
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
-
Jelaskan pengertian kelangkaan
|
-
Modul IPS
Paket B Tingk. III Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen
PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang
relevan
|
10.2Mendeskripsikan
pelaku ekonomi rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan Negara
|
-
Menggolongkan pelaku ekonomi
utama dalam perekonomian Indonesia
-
Mengidentifikasi peranan dan
tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN,BUMS, Koperasi)
-
Mengidentifikasi
pokok-pokok perkoperasian Indonesia
|
Pelaku
Ekonomi RT, masyarakat,perusahaan, koperasi dan negara
|
·
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
10.3Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
|
-
Menjelaskan pengertian, fungsi dan peranan pasar bagi
masyarakat
-
Mengidentifikasi syarat-syarat
terjadi pasar
-
Mengidentifikasi tentang pokok
perekonomian di Indonesia
|
Bentuk-bentuk
pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
|
· Mengkaji
bentuk pasar dalam perekonomiian masyarakat
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
-
Sebutkan bentuk-bentuk pasar
|
Mengetahui Botumoito,
…………………………………..
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SATUAN PENDIDIKAN : PKBM
“Melati” Kec. Botumoito SETARA
KELAS : VIII SMP/MTS
MATA PELAJARAN :
Ilmu Pengetahuan Sosial SEMESTER : 2 (Dua)
TINGKATAN/DERAJAT :
III/TRAMPIL 1 TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
Standar Kompetensi : 11. Memahami Usaha Persiapan
Kemerdekaan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
11.1Mendeskripsikan
peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara kesatuan RI
|
-
Mendeskripsikan secara
kronologis peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
-
Menjelaskan proses terbentuknya
Negara dan Pemerintahan RI beserta kelengkapannya dengan siding PPKI
|
Proklamasi
kemerdekaan proses terbentuknya Negara RI
|
· Mengkaji
tentang peristiwa sekitar proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
2 jam
|
-
|
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
-
Sebutkan tokoh yang berperan
dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan
|
-
Modul IPS Paket B Tingk. III
Derajat Terampil 1 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PNFI Depdiknas 2009.
-
Buku IPS yang relevan
|
11.2Menjelaskan
proses persiapan Kemerdekaan Indonesia
|
-
Menjelaskan alas an Jepang
membentuk BPUPKI
-
Mendeskripsikan secara
kronologis mengenaii siding BPUPKI dan proses penyusunan dasar dan konstitusi
Negara indonesiia yang akan didirikan
-
Mengidentifikasi dibentuknya
PPKI dan peranannya dalam proses persiapan Kemerdekaan Indonesia
|
Proses
Persiapan Kemerdekaan Indonesia
|
· Mengkaji
modul tentang proses persiapan Kemerdekaan Indonesia
|
2 jam
|
-
|
-
|
-
Tes tulis
-
Tugas
|
-
PG
-
Uraian
|
-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar