SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SATUAN
PENDIDIKAN : PKBM “Melati” Kec.
Botumoito SETARA
KELAS : VII SMP
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA SEMESTER : I (SATU)
TINGKATAN/DERAJAT : III/TRAMPIL I TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
BILANGAN
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||||||||||||||||||||||||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
1.1
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
Memberikan
con toh bilangan bulan
|
Bilangan
Bulat Dan Bilangan Pecahan
|
·
Mendiskusikan tentang jenis-jenis bilangan bulat
·
Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan
bulat
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tuliskan 5
bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 5
|
Modul
matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
Menentukan
bilangan bulan pada garis bilangan
|
|
·
Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis
bilangan
·
Membandingkan dengan menggunakan tanda < , >
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Letakkanlah
bilangan -2, o, dan 2 pada garis bilangan tersebut !
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
Melakukan
operasi tambah, kurang, kali dan bagii bilangan bulan termasuk operasi
campuran
|
|
·
Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagi
pada bilangan bulan termasuk operasi campuran
·
Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian, pembagian
bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hitunglah :
a.
-2 + 3 – 4 + 5 – 6
b.
-1 + 2 x 3
c.
2 + 8 : (-2)
d.
-3 x 4 x (-5)
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menghitung kuadrat dan
pangkat tiga bilangan bulat.
· Menghitung akar kuadrat
dan akar pangkat tiga bilangan bulat
|
|
·
Mendiskusikan untuk menentukan dan pangkat tiga, serta akar kuadrat
dan akar pangkat tiga
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hitunglah nilai dari :
a.
122
b.
( √12 )2
c.
43
d.
3√343
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
· Memberikan contoh berbagai
bentuk dan jenis pecahan: biasa, campuran decimal, persen dan permil.
· Menentukan letak pecahan
pada garis bilangan
|
· Bilangan pecahan
|
·
Mendiskusikan jenis-jenis pecahan
·
Menyebutkan pecahan
·
Membuat garis bilangan dan menentukan letak pecahan pada garis
bilangan
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
1.
Tiga buah apel dibagikan kepada 6 anak secara merata. Masing-masing
anak memperoleh ….. bagian
2.
Dua per lima bagian hasil panen diberikan kepada Adi. Bagian Adi
kalau dinyatakan dalam persen adalah ….. %
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menentukan pecahan yang
senilai
· Mengubah bentuk pecahan ke
bentuk pecahan yang lain.
|
|
·
Mendiskusikan pecahan senilai
·
Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang
lain
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Ubahlah dalam bentujk decimal
2 ¾ = ….
2.
Ubahlah dalam bentuk persen
0,125 = …. ?
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menyelesaikan operasi
hitung tambah, kurang, kali dan bagi pada pecahan.
· Membulatkan pecahan
· Mengubah bilangan ke dalam
bentuk baku
|
|
·
Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali dan bagi pada pecahan
·
Mendiskusikan cara membulatkan pecahan sampai satu atau dua desimal
·
Menuliskan bentuk baku (missal Amuba yang panjangnya 0,000001 mikron)
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Hitunglah :
2.
Tuislah bentuk baku dari 0,00125 !
|
|
||||||||||||||||||||||||
2
|
1.2
menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
dalam pemecahan masalah
|
· Menjelaskan sifat-sifat
operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan pecahan
|
bilangan
bulat dan bilangan positif
|
·
mendiskusikan tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali dan
bagi pada bilangan pecahan
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Isilah tabel berikut ini :
Apa yang dapat kamu simpulah dari tabel di atas
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
· Menggunakan sifat-sifat
operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan pecahan
· Menggunakan sifat-sifat
operasi tambah, kurang, kali dan bagi dengan melibatkan pecahan serta
mengkaitkannya dengan dalam kejadian sehari-hari
|
|
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat dengan
menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
·
Melakukan diskusi cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,
kali dan bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
pecahan.
|
|
|
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
· Dari 30 soal pilihan ganda
dengan 4 option, Budi mengejrkan 20 butir soal dengan benar, 6 butir soal
salah dan sisanya tidak dijawab. Jika jawaban benar diberi skor 4, salah
diberi skor -1 dan tidak dijawab diberi skor 0, berapakah skor yang diperoleh
Budi ?
· Seorang dermawan
membagikan sebagian hartanya kepada 50
KK. Jika yang dibagikan tadi berupa gula seberat 1 ton. Berapa kg-kah
gula yang diperoleh setiap KK?
|
|
ALJABAR
Standar Kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.
|
2.1
Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
|
· Menyebutkan konstanta dan
variabel pada suatu bentuk aljabar.
· Menjelaskan pengertian
suku dan faktor pada suatu bentuk aljabar
· Menjelaskan pengertian
suku-suku sejenis
|
Bentuk
Aljabar
|
·
Mendiskusikan pengertian bentuk aljabar
·
Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien, faktor, faktor
dan suku sejenis
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1. Tentukan konstanta dan variabel
dari bentuk aljabar 3x + 6
2. Dari bentuk-bentuk berikut
sebutkan suku dan faktornya:
a.
3x
b.
4 ( x – 5 )
3. Kelompokkan suku-suku yang
sejenis dari kumpulan suku-suku berikut :
2x, 3x2,-2xy,x2,x2y
|
Modul
Matematika Paket B Tingkatan 3 Derajat Trampil I
|
2.
|
2.2
Melakukan operasi pada bentuk a;jabar
|
· Melakukan operasi hitung
tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Bentuk
Aljabar
|
·
Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada
bentuk aljabar
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hitunglah
nilai dari :
a.
2x + 3 + 5x + 6
b.
3 ( 5x – 4 )
c.
2 ( 2x – 5 ) – 3 (x – 2 )
d.
( 2x + 3 ) ( x – 5 )
e.
(x – 6 )2
|
|
|
|
· Menerapkan operasi hitung
pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal-soal.
· Menyelesaikan pecahan
aljabar dengan penyebut satu suku
|
|
·
Menggunakan sifat operasi hitung untuk menyelesaikan soal yang
dinyatakan dalam bentuk aljabar
·
Melakukan operasi hitung pada pecahan biasa untuk menyelesaikan
pecahan aljabar dengan penyebut satu suku
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Sebuah persegi panjang mempunyai ukuran panjang ( 2x +5 ) cm dan
lebar 3x cm. hitunglah luas persegi panjang itu dinyatakan dengan X !
2.
Hitunglah :
3 6
a.
___ + ___
X x
4 5 2a
b.
___ + ___
_ ____
A2 a a2
8 7
c.
___ : ___
m3 m2
|
|
3.
|
2.3
Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
|
· Mengenali PLSV dalam
berbagai bentukj dan variabel
|
|
·
Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
2 x 40’
|
|
|
Tes lisan
|
Isian
|
Perhatikan
bentuk-bentuk berikut ini :
ü 2x = 5
ü 5y
ü 9g – 4 = 10
ü 6 – 5m = 2
Manakah yang
merupakan PLSV
|
|
|
|
· Menentukan bentuk setara
dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi
dengan bilangan yang sama
|
|
·
Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara
kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang
sama
|
|
|
|
Tes tulis
|
Pilihan
ganda
|
Bentuk-bentuk
berikut ini yang setara dengan -5x + 2 = 4 adalah ….
a.
5x – 2 = 4
b.
10x + 4 = 8
c.
-10x – 4 = 8
d.
10x – 4 = 8
|
|
|
|
· Menentukan penyelesaian
PLSV
|
|
·
Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya
|
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Penyelesaian
dari
5y – 12 =
8 adalah ….
|
|
4
|
2.4
Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel
|
· Mengenali PtLSV dalam
berbagai bentuk dan variabel
|
|
·
Mendiskusikan PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Perhatikan
bentuk-bentuk :
ü 3a + 5 > 2
ü -4h + 4 < 5
ü 8x – 7 = 10
ü 5y > 10
ü -p = -5
Yang merupakan PtLSV adalah no ….
|
|
|
|
· Menentukan bentuk setara
dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurang, dikalikan, atau dibagi
dengan bilangan yang sama
|
|
·
Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara PtLSV dengan cara kedua
ruas ditambah, dikurang, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tullis
|
Pilihan Ganda
|
Bentuk-bentuk
berikut yang setara dengan 3x – 4 > 5 adalah ….
ü 5x – 7 > 9
ü 6x + 8 > 10
ü 9x – 12 > 15
ü -3x + 4 > -5
|
|
|
|
· Menentukan penyelesaian
PtLSV
|
|
·
Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan
|
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Penyelesaian
dari :
3m – 2 <
10 adalah ….
|
|
ALJABAR
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, [ersamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.
|
3.1
Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
· Merancang masalah ke dalam
model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
· Merancang masalah ke dalam
model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
|
Persamaan dan Pertidaksamaan Satu Variabel
|
·
Mendiskusikan model matematika
·
Merancang masalah ke dalam bentuk persamaan linear satu variabel
·
Merancang masalah ke dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Nyatakan ke dalam bentuk persamaan linear satu variabel dari: “lima
tahun yang akan datang umur Ita 17 tahun”
2.
Nyatakanlah ke dalam model matematika: “Berat barang bawaaan setiap penumpang pesawat tidak boleh lebih dari
30 kg”
|
Modul
Matematika Paket B Tingkatan 3 Derajat Trampil I
|
2
|
3.2
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
· Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
· Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu
variabel
|
Persamaan dan Pertidaksamaan Satu Variabel
|
·
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model
matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
·
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model
matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Ibu membeli satu kemasan minyak goreng berisi 5 liter. Ibu membayar
dengan sleembar uang dua puluh ribuan, ia menerima kembalian sebesar Rp.
2500,00.
Berapa harga satu liter
minyak goreng ?
2.
Suatu mobil dapat mengangkut bang dengan berat tidak lebih dari 1500
kg. jika sebuah kotak beratnya 13 kg, maka berapa paling banyak kotak yang
dapat diangkut mobil tersebut ?
|
|
3.
|
3.3
Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial
yang sederhana
|
· Menghitung nilai
keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian
|
Perbandingan
dan Aritmetika Sosial
|
·
Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli)
·
Mendiskusikan pengertian dan menghitung nilai keseluruhan, nilai per
unit dan nilai sebagian.
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Harga satu kodi kaos kaki Rp. 196.000,-
a.
Berapakah harga 1 pasang kaos kaki ?
b.
Berapakah harga 1 lusin kaos kaki ?
|
|
|
|
· Menentukan besar dan
persentasw laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat bunga tunggal dalam
kegiatan ekonomi.
|
|
·
Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba, rugi, harga
jual, harga beli, rabat dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Budi menabung uang sebesar Rp. 750.000,- di bank. Jika bank
memberikan bunga tunggal sebesar 6% setahun, maka berapakah besar uang budi
pada akhir bulan ke-4?
|
|
4.
|
3.4
Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah
|
· Menjelaskan pengertian
skala sebagai suatu perbandingan
|
Perbandingan
|
·
Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
·
Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Apakah arti skala
1 : 100.000 ?
|
|
|
|
· Menghitung faktor
perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala
|
|
·
Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar
berskala
·
Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar
berskala
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Ukuran foto I adalah 4 cm x 6 cm, ukuran II adalah 2 cm x 3 cm.
berapakah perbandingan :
a.
Foto I dengan foto II
b.
Foto II dengan foto I
|
|
|
|
· Memberikan contoh masalah
sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga
(nilai)
|
|
·
Mendiskusikan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga
(nilai)
·
Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan
perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Berikanlah beberapa contoh sehari-hari yang merupakan :
a.
Perbandingan senilai
b.
Perbandingan berbalik nilai
|
|
|
|
· Menyelesaikan soal yang
melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
|
|
·
Menggunakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
untuk menyelesaikan soal/masalah sehari-hari.
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Perjalanan dari kota A ke Kota B dapat di tempuh dalam waktu 2 jam
dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam. Berapa waktu yang diperlukan untuk
menempuh jarak yang sama jika kecepatannya dinaikkan menjadii 60 km/jam?
|
|
SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SATUAN
PENDIDIKAN : PKBM “Melati” Kec.
Botumoito SETARA
KELAS : VII SMP
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA SEMESTER : II (DUA)
TINGKATAN/DERAJAT : III/TRAMPIL I TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
BILANGAN
Standar
Kompetensi : 4. Memahami konsep
himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.
|
4.1
Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyejiannya
|
· Menyatakan masalah
sehari-hari alam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
|
Himpunan
|
·
Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Di dalam
kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan dan sebutkan pula
anggota-anggotanya
|
Modul
matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
|
|
|
· Menyebutkan anggota dan
bukan anggota himpunan
|
|
·
Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan
|
|
|
|
Tes lisan
|
Uraian
|
Diketahui A
adalah himpunan bilangan prima yang kurang dari 10 dan B adalah himpunan 4
bilangan asli yang pertama.
a.
Sebutkan semua anggota B yang juga merupakan anggota A;
b.
Sebutkan pula semua anggota A yang bukan anggota B
|
|
|
|
· Menyatakan notasi himpunan
|
|
·
Menyatakan notasi himpunan
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Nyatakan
dengan notasi himpunan;
himpunan
bilangan ganjil yang kurang dari 20
|
|
|
|
· Mengenal himpunan kosong
dan notasinya
· Mengenal himpunan
berhingga dan tak berhingga
|
|
·
Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya
·
Membedakan himpunan berhingga dan tak berhingga
|
|
|
|
Tes lisan
|
Pilihan Ganda; B-S
|
1.
Nyatakan benar atay salah setiap pernyataan berikut :
a.
Himpunan kosong=0
b.
0 = Ø
c.
{ } = { 0 }
2.
Manakah yang merupakan himpunan berhingga?
a.
{1,2,3,4, ……}
b.
(1,3,5,7,…..,99}
|
|
2.
|
4.2
Memahami konsep himpunan bagian
|
· Mengidentifikasi himpunan
bagian dari suatu himpunan
|
Himpunan
|
·
Mendiskusikan pengertian himpunan bagian
·
Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Pilihan Ganda
|
Manakah yang
bukan merupakan himpunan bagian dari {2,4,6,8,10,12,14,16} ?
a.
{0,2,4,6}
b.
{2,4,6,8}
c.
{8,10,12,14,16}
d.
{10}
|
|
|
|
· Menyatakan banyak himpunan
bagian suatu himpunan
|
|
·
Menyatakan banyak himpunan bagian suatu himpunan
·
Mengidentifikasi rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tulislah
semua himpunan bagian dari {1,2,3,4}
|
|
|
|
· Mengenal pengertian
himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya
|
|
·
Mendiskusikan pengertian himpunan semesta
·
Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Kalau obyek
yang dibicarakan adalah bilangan prima, maka himpunan semestanya adalah ….
|
|
3
|
4.3
Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan
komplemen pada himpunan
|
· Menjelaskan pengertian
irisan dan gabungan dua himpunan
· Menentukan irisan dan
gabungan dua himpunan
|
Himpunan
|
·
Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jika A
adalah himpunan bilangan ganjil kurang dari 10 dan B adalah himpunan bilangan
prima antara 5 dan 15 maka dengan mendaftar tentukan :
a.
A Ç B
b.
A È B
|
|
|
|
· Menjelaskan kurang (difference) suatu himpunan dari
lainnya
|
|
·
Mendiskusikan pengertian kurang dari suatu himpunan dari himpunan
lainnya
·
Menuliskan kurang (difference)
suatu himpunan dari himpunan lainnya
·
Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya
|
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Kalau A
adalah himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, B adalah himpunan bilangan
genap antara 1 dan 7, maka A\ B = A – B adalah ….
|
|
|
|
· Menjelaskan kompelemen
dari suatu himpunan
|
|
·
Mendiskusikan komplemen suatu himpunan
·
Menuliskan komplemen suatu himpunan
·
Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tulislah
komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S adalah
himpunan bilangan asli lebih dari atau sama dengan 1 dan kurang dari atau
sama dengan 9
|
|
4.
|
4.4
Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
|
· Menyajikan gabungan atau
irisan dua himpunan dengan diagram Venn
· Menggambar berbagai
himpunan dengan diagram Venn
|
Himpunan
|
·
Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan
diagram
·
Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan
·
Menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan ke dalam diagram Venn
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jika diketahui bahwa
P = {a, k, u, t, o, h}, Q = {t, a, u, d, e, h}, buatlah
diagram Venn yang menyatakan:
a.
P Ç Q
b.
P È Q
2.
Gambarlah diagram Venn dari himpunan di bawah ini :
a.
S = {0,1,2,3,4,5,6,7}
P = {1,2,3,4,5}
Q = {3,1,2,5,4}
b.
S = {1,2,3, …,10}
A = {1,3,5,7,9}
B = {2,4,6,8,10}
|
|
|
|
· Menyajikan kurang (difference) suatu himpunan lainnya
dengan diagram Venn
|
|
·
Menyajikan kurang (difference)
suatu himpunan dari himpunan ke dalam diagram Venn
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jika
diketahui bahwa:
P = {a, k,
u, t, o, h}
Q = {t, a,
u, d, e, h}
Buatlah
diagram Venn yang menyatakan P – Q
|
|
|
|
· Menyajikan komplemen suatu
himpunan
|
|
·
Menyajikan komplemen suatu himpunan ke dalam diagram Venn
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Gambarlah
pada satu diagram Venn jika himpunan semesta
S = himpunan semua bilangan cacah dan A adalah himpunan bilangan
ganjil antara 0 dan 10 tentukan A0 dengan cara mendaftar ?
|
|
5.
|
4.5
Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
|
· Menyelesaikan masalah
dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan
|
Himpunan
|
·
Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Di dalam
suatu kelas ada 40 peserta didik, 20 peserta didik diantaranya senang
matematika, 15 peserta didi senang bahasa, sedang 8 peserta didik tidak
senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa peserta didikkah yang
senang matematika dan senang bahasa?
|
|
ALJABAR
Standar Kompetensi : 5. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan
garus lurus
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||||||||||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||||
1.
|
5.1
Melakukan operasi aljabar
|
· Menyelesaikan operasi
tambah, kurang pada bentuk aljabar
|
Bentuk
Aljabar
|
·
Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
(pengulangan)
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sederhanakanlah :
½ (2x
+ 3) – (63 – 4)
|
Modul
Matematika Paket B Tingkatan 3 Derajat Trampil I
|
||||||||||
|
|
· Menyelesaikan operasi
kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
|
·
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk
aljabar (pengulangan)
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sederhanakanlah :
(x – 8) (2x – 1)
|
|
||||||||||
2.
|
5.2
menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
· Menyebutkan faktor suku
aljabar
· Menguraikan bentukk
aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Bentuk
Aljabar
|
·
Menyebutkan fakotr suku aljabar berupa konstanta atau variabel
·
Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Sebutkan variabel pada bentuk-bentuk berikut:
a.
12x – 3
b.
2p2 + 9
2.
Tentukan variabel pada bentuk berikut ini :
(5a – 2) (3a + 1)
3.
Faktorkanlah :
a.
6a – 3b
b.
12m2 + 18m
|
|
||||||||||
|
5.3
Memahami relasi dan fungsi
|
· Menjelaskan dengan
kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan
fungsi
|
Relasi dan
Fungsi
|
·
Menyebutkan hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah
sehari-hari, missal hubungan antara nama kota dengan Negara/provinsi nama
siswa dengan ukuran sepatu
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Berikan beberapa contoh fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi !
|
|
||||||||||
|
|
· Menyatakan relasi dengan
diagram panah
· Menyatakan suatu fungsi
dengan notasi
|
|
·
Menyatakan relasi
·
Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Buatlah diagram panah yang menyatakan relasi “dua kurangnya dari”
dari himpunan A = {0,2,3,5} ke himpunan B = {2,4,5,6,7}
2.
Dalam waktu satu menit seseorang mampu mengetik 500 kata sehingga
dalam selang waktu t menit, ia akan mampu mengetik 500t kata. Nyatakan data
tersebut dengan notasi fungsi !
|
|
||||||||||
4.
|
5.4
Menentukan nilai fungsi
|
· Menghitung nilai fungsi
|
Fungsi
|
·
Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menghitung nilai fungsi
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
1.
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(-2) adalah …..
|
|
||||||||||
|
|
· Menentukan bentuk fungsi
jika nilai dan data fungsi diketahui
|
|
·
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahuii
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
2.
Jika f(x) = ax + b, f(1) = 3 dan f(2) = 4, maka tentukan rumus fungsi
f(x)
|
|
||||||||||
5.
|
5.5
Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada system koordinat Cartesius
|
· Menyusun table pasangan
nilai peubah dengan nilai fungsi
· Menggambar grafik fungsi
pada koordinat Cartesius
|
Fungsi
|
·
Membuat tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi
·
Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat
titik-titik pada system koordinat Cartesius
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Isian
Uraian
|
1.
Diketahui g(x) = -2x + 3
Lengkapilah table berikut
:
2.
Dengan menggunakan table gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan
dengan f(x) = 3x + 1 dengan peubah empat bilangan cacah yang pertama.
|
|
||||||||||
6.
|
5.6
Menentukan gradient, persamaan dan grafik garis lurus
|
· Mengenal pengertian dan
menentukan gradient garis lurus dalam berbagai bentuk
|
Garis Lurus
|
·
Menemukan pengertian dan nilai gradient suatu garis dengan cara
menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Bila sebuah garis melalui titik A(3,5) dan titik B(6,-2), maka
hitunglah gradient garis itu.
|
|
||||||||||
|
|
· Menentukan persamaan garis
lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
|
|
·
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik,
melalui satu titik dengan gradient tertentu
|
|
|
|
Tes tulis
|
Isian
|
Persamaan garis yang melalui titk (0,3) dan mempunyai gradient -3
adalah …..
|
|
||||||||||
|
|
· Menggambar grafik garis
lurus yang persamaannya diketahui
· Menggambar grafik garis
lurus yang melalui dua titik
· Menggambar grafik garis
lurus yang melalui satu titik dengan gradient tertentu
|
|
·
Menggambar garis lurus jika :
-
Melalui dua titik
-
Melalui satu titik dengan gradient tertentu
-
Persamaan garisnya diketahui
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Gambarlah garis lurus yang persamaannya 2x – y = 4
2.
Gambarlah garis lurus yang melalui titik (-3,7) dan (4,-2)
3.
Gambarlah garis lurus yang melalui titik (4,3) dan bergradien 2
|
|
ALJABAR
Standar
Kompetensi : 6. Memahami system
persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Penilaian
|
Sumber/Alat Belajar
|
||||
TM (1xSKK)
|
Ttrl (2xSKK)
|
Mandiri (3xSKK)
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.
|
6.1
Menyelesaikan system persamaan linear dua variabel
|
·
Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
|
System
Persamaan Linear Dua Variabel
|
·
Mendiskusikan :
-
Pengertian PLDV dan SPLDV
-
Contoh PLDV dan SPLDV
-
Perbedaan PLDV dan SPLDV
|
|
4 x 40’
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Perhatikan
bentuk berikut :
4x + 2y = 2
dan x – 2y = 6
a.
Apakah bentuk itu merupakan system persamaan?
b.
Ada berapa variabelnya? Sebutkan!
c.
Disebutk apakah bentuk tersebut?
|
Modul
matematika Paket B Tingkatan 3 Derat Trampil I
|
|
|
·
Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
|
·
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Manakah dari
bentuk-bentuk berikut yang merupakan SPLDV?
1)
4x + y =2 dan x – 2y = 3
2)
4x + y < 2 dan x – 2y = 4
3)
X + 2y – 2 = 0 dan
x – 2y = 4
|
|
|
|
·
Menentukan akar SPLDV dengan cara grafik, subtitusi dan atau
eliminasi
|
|
·
Menyelesaikan SPLDV dengan grafik, subtitusi dan atau eliminasi
|
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Selesaikan SPLDV berikut ini:
a.
3x – 2y = 1 dan
b.
–x + 3y = 4
|
|
2.
|
6.2
Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system
persamaan linear dua variabel
|
·
Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan SPLDV
|
System
persamaan linear dua variabel
|
·
Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model
matematika dalam bentuk SPLDV
|
2 x 40’
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Harga 4
penghapus karet dan 5 buah pulpen Rp. 19.000,00 sedangkan harga 3 penghapus
karet dan 4 pulpen Rp.15.000,00. Tulislah model matematikanya!
|
|
3.
|
6.3
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berikaitan dengan
system persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
·
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
system persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
System
Persamaan Linear Dua Variabel
|
·
Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model
matematika dalam bentuk SPLDV
|
2 X 40’
|
|
|
Tes tulis
|
uraian
|
Harga 4
penghapus karet dan 5 buah pulpen Rp 19.000,00 sedangkan 3 penghapus karet
dan 4 pulpen Rp. 15.000,00. Berapakah harga 6 buah penghapus karet dan satu
lusin pulpen ?
|
|
Mengetahui Botumoito,
…………………………………..
Ketua PKBM “Melati” Tutor
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar